Semua memberikan indikasi jelas bahwa negara lain menunjukkan apresiasinya dan percaya kepada Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kantor Staf Presiden (KSP) merilis laporan Capaian Kinerja 2023 pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Dalam laporan kali ini kita lebih tekankan pada semangat keuletan dan kegotongroyongan bangsa ini karena dengan itulah Indonesia bisa melewati semuanya (termasuk pandemi COVID-19)," kata Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko dalam peluncuran "Capaian Kinerja 2023" di Jakarta pada Selasa.

Dalam laporan yang disusun bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta LKBN ANTARA itu juga dijelaskan tentang pondasi yang dibangun pemerintah untuk menuju visi Indonesia maju.

Moeldoko menyebutkan lima strategi yang dijalankan pemerintah untuk memperkuat pondasi Indonesia menuju negara maju, yaitu pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, transformasi ekonomi, dan pembenahan regulasi.

"Selain itu, selama sembilan tahun terakhir stabilitas kita terjaga dengan baik karena tanpa stabilitas yang baik, jangan bermimpi ada investasi masuk. Perlu kita jaga terus agar kepercayaan publik dan dunia internasional tetap terjaga," tutur Moeldoko.

Baca juga: KSP sebut tiga prestasi penting Jokowi dalam pembangunan infrastruktur
Baca juga: KSP: Empat tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Indonesia terus tumbuh


Dengan berbagai strategi yang dijalankan pemerintah, lanjut Moeldoko, Indonesia kini berkembang menjadi negara berpendapatan menengah ke atas (upper-middle-income country), dari sebelumnya berstatus negara berpendapatan menengah.

Berdasarkan data Bank Dunia, pendapatan nasional bruto (gross national income/GNI) Indonesia tercatat naik 9,8 persen menjadi 4.580 dolar AS pada 2022, didukung antara lain oleh efektivitas penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi serta transformasi ekonomi melalui hilirisasi sumber daya alam.

Sementara dalam bidang diplomasi dan politik luar negeri, Indonesia disebut "kembali hadir dalam peta dunia" melalui kepemimpinan Presiden Jokowi dalam forum G20, ASEAN, AIS, serta perannya di Dewan Keamanan PBB dan Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

"Semua memberikan indikasi jelas bahwa negara lain menunjukkan apresiasinya dan percaya kepada Indonesia," kata Moeldoko.

Baca juga: KSP: Penyelenggaraan Pemilu 2024 harus miliki perspektif HAM
Baca juga: KSP: Tahun politik jadi pertarungan gagasan demi lanjutkan pembangunan
Baca juga: Moeldoko: Perubahan aturan ekspor-impor bukan untuk kepentingan Jokowi


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023