Bishkek (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) China Li Qiang tiba di Bishkek pada Selasa (24/10) untuk menghadiri Pertemuan Dewan Kepala Pemerintahan Negara-negara Anggota Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organization/SCO) ke-22, dan melakukan kunjungan resmi ke Republik Kirgizstan mulai Selasa hingga Jumat (26/10) atas undangan PM Kirgizstan Akylbek Japarov.

"China siap bekerja sama dengan Kirgizstan untuk sepenuhnya mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara, memperdalam kepercayaan politik dan strategis, menciptakan lebih banyak sorotan baru dan tolok ukur baru untuk kerja sama, dan memperkaya persahabatan China-Kirgizstan dengan lebih banyak konotasi zaman," kata Li dalam sebuah pertemuan singkat dengan Japarov di bandara.

Pihak China berharap dapat bekerja sama dengan anggota-anggota SCO lainnya untuk bersama-sama meneruskan Shanghai Spirit, serta menyuntikkan dorongan baru ke dalam perdamaian, stabilitas, dan pembangunan regional, imbuhnya.

Li mengatakan bahwa sejak meresmikan hubungan diplomatik, China dan Kirgizstan selalu bekerja sama dalam solidaritas, saling membantu, bekerja sama berdasarkan prinsip keuntungan bersama dan hasil yang saling menguntungkan, dan telah meraih berbagai pencapaian yang bermanfaat di berbagai bidang, serta mencapai koordinasi yang erat dan sangat efisien dalam urusan internasional.
 
Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang menghadiri upacara penyambutan akbar yang diadakan oleh Perdana Menteri Kyrgyzstan Akylbek Japarov di Bandara Internasional Manas di Bishkek, Kyrgyzstan pada 24 Oktober 2023. (Xinhua/Wang Ye)   


China dan Kirgizstan merupakan tetangga yang baik, teman yang baik, mitra yang baik, dan saudara yang baik, kata Li

"Tujuan dari kunjungan saya ke Kirgizstan adalah untuk meningkatkan rasa saling percaya, memperluas kerja sama, memperdalam persahabatan, dan mendorong perdamaian," ujarnya.

Sementara itu, Japarov menyambut hangat kunjungan Li ke Kirgizstan dan memuji momentum perkembangan positif hubungan bilateral. Pihak Kirgizstan bersedia meningkatkan pertukaran di berbagai bidang dengan pihak China, mendorong kerja sama Belt and Road, meningkatkan kemitraan strategis komprehensif bilateral untuk era baru ke level yang lebih tinggi, serta bersama-sama mendorong stabilitas dan pembangunan Asia Tengah, katanya.

Ketika pesawat sewaan Li tiba di Bandar Udara Internasional Manas di Bishkek pada Selasa sore waktu setempat, Japarov dan para pejabat senior dari pemerintah Kirgizstan menyambutnya di bandara tersebut. Duta Besar China untuk Kirgizstan Du Dewen juga menyambutnya di bandara itu.

Japarov menggelar upacara penyambutan yang megah untuk Li di bandara itu. Sebuah band militer memainkan lagu kebangsaan kedua negara. Dengan didampingi Japarov, Li melakukan peninjauan terhadap pasukan kehormatan.

Anggota Dewan Negara China dan Sekretaris Jenderal Dewan Negara China Wu Zhenglong juga menghadiri pertemuan tersebut. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023