Hutama Karya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul....
Palembang (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) menutup sementara Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) pada Kamis (26/10), mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Rabu, mengatakan bagi pengguna jalan yang ingin melintas dari GT Palembang ke arah Indralaya atau sebaliknya agar dapat menggunakan jalan nasional (non-tol) sebagai alternatif rute.

“Hutama Karya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul dan mengimbau seluruh pengguna jalan untuk selalu mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki gerbang tol,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTSS) di Sumatera Selatan dalam waktu dekat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan Presiden Jokowi akan meresmikan tol tersebut pada Kamis (26/10).

"Mungkin hari Kamis nanti (tol) dari Palembang ke Prabumulih. Hari Kamis kan beliau ke sana. Kamis ini," kata Basuki.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs resmi Kementerian PUPR, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 kilometer sudah beroperasi tanpa tarif sejak 30 Agustus 2023.

Jalan tol yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) itu dapat memangkas waktu kurang lebih 1 jam dari Palembang menuju Prabumulih.

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim yang memiliki total panjang sekitar 119 kilometer.

Jalan tol tersebut terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 Simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 km dan Seksi 2 Prabumulih-Muara Enim sepanjang 54,5 km.

Jalan tol ini melewati wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih yang dilengkapi 2 simpang susun, 1 gerbang tol, dan 2 TIP (rest area) tipe A.

Secara keseluruhan, jalan tol yang dirancang dengan kecepatan 100 km per jam dilengkapi dengan 2 simpang susun dan 18 jembatan.
Baca juga: Tol Kapal Betung masuki persiapan groundbreaking ruas Banyuasin
Baca juga: Jalan Tol Palindra dikepung api karena kebakaran lahan

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023