Ini merupakan upaya transformasi untuk beralih dari energi fosil ke non fosil.
Surabaya (ANTARA) - General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur Agus Kuswardoyo mengatakan perusahaannya menginisiasi transisi energi dengan beralih ke kendaraan listrik untuk mobil dan motor operasional maupun pelayanan teknik.

"Hal ini juga sejalan dengan langkah Pemprov Jawa Timur dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menerapkan langkah serupa," kata Agus, di Surabaya, Rabu.

Agus menyatakan PLN konsisten mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik, salah satunya dengan menyelenggarakan konvoi motor listrik bersama Pemprov Jatim yang dilaksanakan secara serentak oleh 1.588 peserta di Surabaya dan tersebar di 11 kabupaten-kota lainnya, Selasa (24/10).

Konvoi yang diikuti oleh pegawai PLN, Grab Indonesia, Provinsi Jawa Timur, komunitas motor listrik Bromolis dan Tetric, serta masyarakat umum ini berhasil memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) konvoi kendaraan listrik peserta terbanyak.

Sebelumnya, pada tahun 2022 lalu, PLN juga berhasil memecahkan rekor MURI dengan jumlah peserta konvoi hingga 1.300 peserta.

Kegiatan ini, kata Agus, merupakan kolaborasi memperingati Hari Listrik Nasional ke 78 sekaligus Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur.

"Konvoi ini diselenggarakan serentak di 12 kota/kabupaten, antara lain Surabaya, Mojokerto, Malang, Bojonegoro, Pasuruan, Kediri, Madiun, Ponorogo, Pamekasan, Situbondo, Jember, dan Banyuwangi. Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak masyarakat untuk semakin 'aware' akan keberadaan dan kemudahan kendaraan listrik," kata Agus pula.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut kegiatan ini merupakan wujud nyata implementasi transisi energi di Jawa Timur.

"Ini merupakan upaya transformasi untuk beralih dari energi fosil ke non fosil. PLN dan pemerintah berkolaborasi menyukseskan program transisi energi, salah satunya dengan memperbanyak penggunaan energi bersih untuk kehidupan sehari-hari," ujarnya lagi.

Khofifah pun menyampaikan harapan agar pada Hari Listrik Nasional, PLN terus membawa manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat.

"Ke depannya mari terus berkolaborasi menghadirkan terang ke seluruh pelosok Nusantara, meningkatkan kecerdasan anak bangsa serta kesejahteraan masyarakat," kata Khofifah.
Baca juga: PLN paparkan langkah strategis transisi energi di CEPSI 2023 China
Baca juga: PLN tanamkan keutamaan kolaborasi hadapi tantangan transisi energi

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023