Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Rabu menunjukkan semangatnya untuk menstabilkan hubungan China-Amerika Serikat yang memburuk dalam sebuah pesan kepada organisasi nirlaba AS bahwa Beijing bersedia bekerjasama dengan Washington untuk mengatasi perbedaan dan tantangan global, sebut media pemerintah.

Xi juga mengatakan hubungan China-AS "penting bagi perdamaian dunia dan nasib umat manusia", sebut kantor berita Xinhua, ketika dua kekuatan ekonomi terbesar dunia berencana mengadakan pertemuan tingkat tinggi bulan depan di sela forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di San Fransisco.

Pemimpin China itu memberikan pesan selamat yang dikirimkan ke acara jamuan makan malam tahunan Komite Nasional Hubungan AS-China yang diadakan sebelum kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke AS selama tiga hari sejak Kamis.

Wang dijadwalkan bertemu Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan pejabat senior AS lainnya selama berkunjung, dimana dia diharapkan akan memberikan dasar pertemuan puncak Xi dan Presiden AS Joe Biden.

Di tengah meningkatnya rivalitas, hubungan bilateral kedua negara dipenuhi dengan ketegangan terkait masalah ekonomi dan diplomatik di berbagai bidang.

Sumber: Kyodo
Baca juga: Xi sebut China siap dorong kerja sama saling menguntungkan dengan AS
Baca juga: Menlu China Wang Yi akan kunjungi AS untuk temui Antony Blinken
Baca juga: Beijing sebut "Five Eyes" tak punya dasar anggap China ancaman

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023