Ada sebanyak 1.143 gardu distribusi terdampak dan sebanyak 53.865 pelanggan sudah kembali normal dan menikmati aliran listrik
Solo (ANTARA) -
PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta melakukan pemulihan gangguan listrik akibat hujan deras yang terjadi pada beberapa hari terakhir.
 
Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta Muhammad Khadafi di Solo, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan hingga Rabu dini hari PLN telah berhasil memulihkan 100 persen kondisi kelistrikan di Surakarta dan sekitarnya.
 
"Ada sebanyak 1.143 gardu distribusi terdampak dan sebanyak 53.865 pelanggan sudah kembali normal dan menikmati aliran listrik," katanya.
 
Terkait hal itu, ia meminta maaf kepada pelanggan yang terdampak oleh kejadian tersebut.
 
"Kami telah bersiaga dan menerjunkan kekuatan penuh agar seluruh pelanggan menikmati listrik dan dapat beraktivitas kembali secara normal," katanya.
 
Sebelumnya, tepatnya pada Selasa (24/10) kondisi cuaca ekstrem hujan deras dan angin kencang menyebabkan beberapa pohon tumbang menimpa jalanan dan jaringan listrik PLN di sejumlah titik.

Baca juga: PLN menginisiasi transisi energi dengan beralih ke kendaraan listrik

Baca juga: OIKN: PLN bangun pembangkit listrik tenaga surya di IKN pekan depan


Kondisi tersebut berakibat pada aliran listrik di Kecamatan Banjarsari, Laweyan, Jebres dan Pasar Kliwon terhenti sesaat.
 
"Begitu terjadi cuaca ekstrem yang menyebabkan listrik padam pada pukul 16.20 WIB, tim PLN langsung bergerak menembus cuaca ekstrem ke lokasi terdampak untuk memperbaiki jaringan listrik," katanya.
 
Sementara itu, selain mengerahkan puluhan personel, pihaknya juga berkoordinasi dengan BPBD Kota Surakarta, Tim Search and Rescue (SAR), Dinas Lingkungan Hidup, TNI/Polri, Tim Pemerintah Kota Surakarta dan relawan untuk mengevakuasi dan mengamankan pohon yang menimpa jaringan listrik dan menutup akses jalan.
 
"Sehingga selepas Maghrib 50 persen lokasi yang sebelumnya padam berhasil dipulihkan," katanya.

Baca juga: PLN gandeng Palma Banna Mandiri kembangkan biomassa untuk PLTU di Aceh

Baca juga: Pelayaran Bahtera Adhiguna raih 2 penghargaan transisi energi dari DEN

​​​​
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023