Jakarta (ANTARA/JACX) – Pertanyaan terkait hubungan Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mencuat usai putranya Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto.

Ditambah lagi, ramai terkait video saat Rakernas beberapa waktu lalu, terlihat Megawati terlihat seperti menghempaskan tangan Jokowi.

Sebuah unggahan video di Facebook yang diunggah pada 24 Oktober menarasikan Jokowi resmi mengundurkan diri dari PDIP. Thumbnail video tersebut terlihat Jokowi bersama Megawati, Puan, Ganjar dan Hasto.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“AKH1RNYA JOKOWI P4MIT MUNDUR DARI PDIP TEPAT DIDEPAN IBU MEGA JOKOWI MENGATAKAN INI”

Namun, benarkah Jokowi resmi mengundurkan diri dari PDIP pada 24 Oktober?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Jokowi resmi mengundurkan diri dari PDIP pada 24 Oktober. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, foto tersebut bukan saat Jokowi pamit mengundurkan diri, melainkan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/9/2023 yang mengangkat tema 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat'.

Selain itu, terdapat juga foto Jokowi menggunakan peci dan baju batik, foto tersebut juga bukan saat pengunduran diri, melainkan saat Hari Konstitusi dan HUT ke-78 Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia di Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, pada Jumat (18/8/2023).

Dalam video tersebut, tidak ada informasi mengenai pengunduran diri Jokowi dari PDIP pada 24 Oktober. Narator hanya membacakan narasi dari Seword yang berjudul “Apakah Usulan Kakak Megawati Bisa Dituruti PDIP?” dan “Seberapa Mustahil Presiden Jokowi jadi Ketum PDIP?”.

Dengan demikian, unggahan video yang menyatakan Jokowi resmi mengundurkan diri dari PDIP pada 24 Oktober merupakan hoaks.

Klaim: Jokowi resmi mengundurkan diri dari PDIP pada 24 Oktober

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Jokowi akan kirim roket bantu Palestina

Cek fakta: Hoaks! Jokowi lantik Anies jadi Ketua KPK pada 18 Oktober

Baca juga: PDIP respons usulan Jokowi gantikan Megawati jadi Ketum PDIP

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023