Guiyang, China (ANTARA) - Menara utama terakhir dari jembatan ngarai besar Huajiang telah rampung dibangun pada Selasa (24/10) di Provinsi Guizhou, China barat daya, menandai tonggak penting dalam pembangunan jembatan tertinggi di dunia.

Dengan ketinggian antara dek jembatan dan Sungai Beipanjiang di bawahnya dirancang mencapai 625 meter, jembatan ngarai besar Huajiang akan menjadi yang tertinggi di dunia setelah rampung pada 2025 mendatang.

Jembatan sepanjang 2.890 meter ini terletak di Wilayah Otonom Etnis Bouyei-Miao di Guanling, dan merupakan bagian dari jalan bebas hambatan yang menghubungkan distrik khusus Liuzhi di Kota Liupanshui dan wilayah Anlong di Prefektur Otonom Etnis Bouyei-Miao yang berada di Qianxinan, Provinsi Guizhou.

Wang Chaoguo, seorang manajer proyek, mengatakan bahwa dibutuhkan lebih dari 670 hari untuk membuat kemajuan dari pembangunan fondasi tiang pancang hingga proses capping menara-menara utama, dan tim akan terus mengerjakan struktur raksasa jembatan tersebut.

Jembatan ini akan memangkas waktu yang dibutuhkan untuk menyeberangi ngarai tersebut dari 70 menit menjadi sekitar satu menit, yang akan membantu mendorong pembangunan sosial dan ekonomi setempat, serta revitalisasi pedesaan.

Terletak di antara pegunungan dan ngarai yang berbukit-bukit, Guizhou memiliki hampir separuh dari 100 jembatan tertinggi di dunia, demikian Xinhua.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023