Makassar (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) tidak berhenti memberi makna untuk masyarakat Indonesia dengan terus memperluas jangkauan literasi keuangan hingga area 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar) lewat BRIlink.

Agar bisa menjangkau berbagai wilayah, BRI mengikuti jaringan provider yang kuat di daerah tujuan. Namun jika belum tersedia jaringan internet, seperti di area 3T, BRI memasang satelit dengan jaringan sendiri (satelit BRI), seperti di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

"Kami gencar mengembangkan daerah blank spot yang tidak ada sinyal. Jadi jaringan komunikasi yang ada itu didukung satelit BRI (V-sat)," ungkap Kepala Departemen BRILink RO Makassar Hendra Saputra.

Dalam upaya menghadirkan BRIlink sebagai representatif BRI dengan bentuk pelayanan perbankan sederhana, harus disertai jaringan internet. Sementara belum semua daerah ini tersentuh jaringan internet.

Bank milik negara itu terus ingin memberi makna, dengan menghadirkan BRIlink disertai satelit guna meningkatkan literasi keuangan secara menyeluruh bagi masyarakat pelosok Indonesia, dari hulu hingga hilir, sebagai komitmen hadirnya negara dalam upaya menggerakkan roda ekonomi warga.

BRIlink merupakan perpanjangan layanan bank itu yang menjalin kerja sama dengan nasabah sebagai agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara daring dan "real time".

Agen BRIlink ini adalah perpanjangan tangan BRI untuk menjangkau berbagai pelosok, karena kegiatan perbankan juga dapat dilakukan melalui Agen BRIlink, seperti penarikan, penyimpanan, dan pengiriman uang.

V-sat BRI, tidaklah sulit untuk dihadirkan di berbagai daerah terpencil, namun harus disertai dengan permintaan dari pemerintah setempat. Kebradaan agen itu berdampak cukup besar untuk peningkatan perekonomian daerah.

Seperti di area kerja Regional Office (RO) Makassar yang menaungi wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Bara, Sulawesi Tenggara, dan Maluku, kini telah melakukan pemasangan V-sat sebanyak 18 titik di 2022, dan tahun ini, permintaan pemasangan V-sat terus bertambah.

Pemasangan V-sat di wilayah 3T telah jelas memberikan dampak perbaikan ekonomi dengan memperkenalkan perbankan melalui BRIlink.

Selama potensi ada, bank itu terus mengawal akses literasi keuangan kepada masyarakat terpencil.

BRI RO Makassar mencatat total 40.702 agen BRIlink yang masih aktif hingga tahun 2022. Mereka tersebar di wilayah kerja RO Makassar, yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Ambon Maluku.

Sementara data terakhir menunjukkan Agen BRIlink RO Makassar telah mencapai 44.363 agen hingga 2023. Telah terjadi penambahan 3.661 Agen BRIlink ke dalam lingkup kerja RO Makassar selama 2023.

Kehadiran Agen BRIlink di wilayah Nusantara juga mendukung kegiatan perdagangan, seperti di Kepulauan Kalukalukuang yang berada di Selat Makassar dan tercatat di Desa Doang-Doangan Lompo, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Salah seorang pedagang atau pengepul telur ikan terbang (torani), Muhammad Latif Daeng Lira, asal Takalar, Sulsel, mengaku sangat terbantu dengan adanya BRIlink di Kepulauan Kalukakuang karena aktivitas jual beli telur ikan dengan nelayan setempat membutuhkan banyak uang, sehingga penarikan bisa dilakukan di pulau tersebut.


Apresiasi

Melalui BRIlink, bank nasional ini juga memberdayakan nasabah untuk menjadi agen dengan mendapatkan fee (pembagian keuntungan) dengan bank. Perpanjangan tangan bank ini pun tidak lepas dari apresiasi yang diberikan BRI melalui berbagai program, salah satunya Program Super BRILink.

Sebanyak enam agen BRILink dari area kerja BRI RO Makassar berhasil menyabet enam penghargaan pada sejumlah kategori dalam Program Super BRIlink periode 1 tahun 2023, mulai dari kategori Agen BRILink Pemula, Jawara, dan Juragan. Para pemenang pun berhak menerima hadiah berupa logam mulia, wisata religi, hingga dua unit mobil.

Regional CEO BRI Makassar Hendra Winata melalui sambungan virtual menyebut bahwa Agen BRILink merupakan ujung tombak dan mitra strategis yang menjadi chanel, serta mampu menjangkau seluruh pelosok negeri.

Manajemen RO Makassar mampu menyabet enam kategori sekaligus dari sembilan kategori pemenang pada Super Agen BRIlink tahap 1 tahun 2023. DFiharapkan, capaian ini mampu menjadi penggerak dan memotivasi warga lainnya.

Mereka dinilai berhak menerima apresiasi itu karena ikut andil sebagai pejuang literasi keuangan dalam pengembangan ekonomi negara hingga pelosok, dan dinilai memiliki militansi, sehingga apresiasi yang diberikan atas kinerjanya tidak bisa dinilai.

BRILink merupakan program agen untuk agen. Program ini mempercayakan kemitraan kepada para agen dengan mencoba meningkatkan loyalitas mereka dalam memberikan layanan BRI, melalui produk layanan transaksi dengan bentuk yang lebih sederhana dan bisa menjangkau masyarakat lebih luas.

Para pemenang menjadi bukti bahwa konsistensi dan tumbuh bersama menjadi kunci dalam upaya kemitraan Agen BRILink.

Pemenang Program Super Brilink kali ini merupakan periode 1 dengan penilaian dari 1 Januari - 31 Juli 2023, selanjutnya akan dipilih kembali pemenang pada periode kedua di tahun ini.

Seorang pemenang berhadiah satu unit mobil asal Polewali, Sulawesi Barat, Maryam, mengaku tidak pernah menyangka hasil kerja kerasnya enam tahun terakhir sebagai agen mampu membawanya menjadi pemenang pertama kategori Jawara dari Program Agen BRI-Link tahap 1 tahun 2023.

Semangat dia menjadi terpacu, karena selain mendapat penghargaan, juga mendapat keuntungan finansial yang juga banyak. Semoga pelayanan BRI semakin lebih baik ke depan.
Ilustrasi. Salah satu area layanan BRI di Kantor Wilayah BRI RO Makassar. ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2023