“Industri kurir dan logistik nasional perlu lebih banyak lagi menjaring talenta-talenta muda berbakat agar semakin kompetitif dan mendukung kebutuhan industri masa depan
Jakarta (ANTARA) - Kalangan pelaku industri logistik menyatakan sektor logistik nasional ke depan akan semakin membutuhkan ide-ide segar dan kreatif serta inovasi-inovasi yang diinisiasikan oleh anak-anak muda Indonesia.

Oleh karena itu, Direktur Utama PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Yulina Hastuti mengatakan tahun ini pihaknya mengampanyekan pentingnya regenerasi sektor logistik dengan menjaring lebih banyak talenta muda Indonesia di perusahaan kurir nasional.

“Industri kurir dan logistik nasional perlu lebih banyak lagi menjaring talenta-talenta muda berbakat agar semakin kompetitif dan mendukung kebutuhan industri masa depan," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: TIKI dan Pertamina kerja sama kembangkan pendidikan logistik energi

Salah satu langkah nyata TIKI untuk menjaring anak-anak muda yakni menggandeng tiga kampus terkemuka untuk jurusan Transportasi & Logistik dalam mendukung pengembangan kompetensi SDM muda Indonesia agar dapat mengikuti kebutuhan industri di masa depan.

Selain itu, lanjut Yuliana, pihaknya juga melibatkan awak media untuk turut mengampanyekan pentingnya regenerasi sektor logistik nasional kepada khalayak luas melalui Lomba Karya Tulis dan Karya Foto Jurnalistik dengan tema #LogisTIKIndonesiaButuhAnakMuda”.

Terdapat tiga kategori topik untuk masing-masing lomba karya tulis dan karya foto jurnalistik.

Kategori topik untuk lomba karya tulis jurnalistik antara lain yaitu regenerasi SDM di industri kurir dan logistik butuh partisipasi seluruh pihak, potensi membangun kewirausahaan di sektor kurir, dan rahasia 53 tahun TIKI membangun bisnis kurir berbasis kemitraan.

Baca juga: Industri kurir dinilai perlu dukungan SDM generasi muda

Sementara itu lomba karya foto jurnalistik mengambil topik terkait “Rahasia 53 tahun eksistensi TIKI beradaptasi dari zaman ke zaman” yang dapat
diangkat dari solusi produk dan layanan inovatif, strategi bisnis berbasis kemitraan, teknologi, dan kualitas SDM.

Terdapat hadiah uang tunai sebesar Rp 15 juta untuk Juara I, Rp 12 juta untuk Juara II, Rp 8 juta untuk Juara III, serta Rp 1 juta untuk Juara Harapan.

Periode pengumpulan karya tulis dan karya foto mulai tanggal 23 Oktober hingga 15 Desember 2023. Masing-masing kategori karya tulis dan karya foto akan dipilih tiga karya terbaik dan lima juara harapan yang akan diumumkan pada 28 Desember 2023.

“Kami berharap ajang Lomba Karya Tulis & Karya Foto ini dapat semakin mendekatkan perusahaan dengan rekan-rekan media, mempererat hubungan yang telah terjalin dan membangun kemitraan yang lebih baik lagi ke depan," ujar Yuliana.
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023