Jakarta (ANTARA) -
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Sukamto Koesnoe, SpPDD-KAI, FINASIM dari RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo menilai kesadaran masyarakat di Tanah Air mengenai pentingnya vaksinasi perlu ditingkatkan oleh para pihak terkait, mulai dari perusahaan pelayanan kesehatan, pemerintah, hingga media massa.
 
"Sangat penting bagi kita semua untuk mendorong kesadaran akan pentingnya vaksinasi bagi setiap orang," ujar Sukamto saat memberikan sambutan melalui video dalam acara konferensi pers terkait kolaborasi guna meningkatkan akses dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi di Jakarta, Kamis.
 
Menurut dia, kolaborasi tersebut berpotensi membangun ekosistem kesehatan yang kuat bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Baca juga: Dokter ajak warga lakukan vaksinasi HPV guna cegah kanker sejak dini
 
Lebih lanjut, ia menyampaikan pemberian vaksin atau vaksinasi memiliki peran penting dalam melindungi setiap orang dari berbagai penyakit, bahkan penyakit menular yang berdampak serius terhadap kesehatan.
 
Sukamto mengatakan pula sejauh ini, vaksinasi telah berhasil mengurangi angka kematian sekitar 3,5 hingga 4 juta jiwa setiap tahun akibat penyakit-penyakit, seperti difteri, tetanus, pertusis, dan influenza.
 
"Pada tahun 2020 hingga 2030, vaksinasi pun dapat menyelamatkan lebih dari 32 juta jiwa," ucap dia menambahkan.
 
Oleh karena itu, menurut dia, seluruh pihak terkait perlu berkolaborasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi sekaligus memperluas akses mereka untuk memperoleh vaksin.
 
Dalam kesempatan yang sama, Sukamto pun menyoroti tentang kekeliruan sejumlah masyarakat dalam menilai vaksin hanya penting diberikan kepada anak-anak. Padahal sebenarnya, kata dia melanjutkan, vaksinasi juga bernilai penting untuk diberikan kepada seluruh kelompok usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga mereka yang lanjut usia.
 
"Merupakan hal yang penting bagi kita semua untuk memberikan atensi atau perhatian pemberian vaksinasi secara rutin dan berkala bagi seluruh kelompok usia, sesuai dengan jadwal dari rekomendasi organisasi profesi dan anjuran pemerintah," ucap dia.

Baca juga: GSK-Prodia kolaborasi perluas akses dan kesadaran pentingnya vaksinasi

Baca juga: Kemenkes sebut vaksinasi cacar monyet untuk orang dengan kontak erat

Baca juga: BRIN: Vaksinasi smallpox dapat beri perlindungan dari cacar monyet

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023