Beijing (ANTARA) - Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) menandatangani dokumen kerja sama masing-masing dengan badan antariksa Pakistan dan Belarus untuk kerja sama dalam program Stasiun Penelitian Bulan Internasional (ILRS).

Upaya kerja sama baru itu menandai dimulainya partisipasi Pakistan dan Belarus dalam program ILRS, kata CNSA. Program tersebut diprakarsai oleh China, dengan mengundang berbagai organisasi dan ilmuwan dari seluruh dunia untuk berpartisipasi.

Dalam nota kesepahaman (MOU) baru yang ditandatangani oleh CNSA dan Komisi Penelitian Luar Angkasa dan Atmosfer Atas (Space and Upper Atmosphere Research Commission) Pakistan, kedua belah pihak akan melakukan kerja sama yang luas dan mendalam serta membentuk kelompok ahli di bidang demonstrasi, implementasi teknik, operasional, dan penerapan ILRS.

Pernyataan bersama yang ditandatangani oleh CNSA dan Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional Belarus mengatakan kedua belah pihak akan melakukan kerja sama yang luas dan mendalam dalam pembangunan dan operasional ILRS.

Hal itu termasuk penerapan teknologi luar angkasa, material baru dan komponen elektronik, serta pendidikan dan pelatihan peneliti dan spesialis.

China memiliki sejarah kerja sama yang panjang dengan kedua negara di bidang luar angkasa, ungkap CNSA.

Pembangunan ILRS diperkirakan akan dilakukan dalam tiga tahap, dengan model dasar stasiun tersebut diperkirakan rampung sekitar tahun 2030.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023