Setelah diamati dari dalil-dalil yang ada, ternyata Rasulullah itu mengendalikan stres dan tidak pernah marah
Pontianak (ANTARA) - Anggota DPR RI H Alifudin mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk mencegah faktor risiko penyakit tidak menular di Kota Singkawang.

"Kegiatan sosialisasi ini melibatkan Poltekkes Pontianak untuk mengadakan sosialisasi Germas yang fokus pada penyakit tidak menular," kata Anggota Komisi IX DPR RI Alifudin di Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis.

Dari data BPJS Kesehatan, kata dia, klaim dari pasien sangat luar biasa, terutama pada penyakit tidak.menular. "Artinya yang di klaim itu kebanyakan dari penyakit tidak menular," ucap Alifudin.

Jika penyakit tidak menular bisa dicegah dari hulu, menurutnya, maka kemungkinan bisa dihindari dengan rajin mengecek kesehatan secara rutin, rajin beraktivitas fisik, makan dengan gizi yang seimbang, istirahat yang cukup, dan menghindari stres.

Baca juga: Dokter: Jaga kondisi kesehatan dengan pola makan bergizi seimbang

Alifudin mencontohkan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW) yang hidupnya sehat selama 62 tahun dan hanya mengalami sakit sebanyak dua kali.

"Setelah diamati dari dalil-dalil yang ada, ternyata Rasulullah itu mengendalikan stres dan tidak pernah marah," katanya.

Mungkin prilaku-prilaku Rasulullah bisa dicontoh dalam mengendalikan emosi. Menurutnya, banyak masyarakat yang sakit karena faktor emosi yang tidak stabil, marah-marah, sedih, stres, pola makan yang tidak teratur, dan lingkungan yang tidak bersih.

Baca juga: Menag: Rasulullah jadi contoh dalam kebaikan dan kemanusiaan

"Bagi saya yang sudah mendalami ilmu manajemen kalbu, fokus dalam mengelola hati kita dengan cara banyak-banyak berzikir kepada Allah, maka hati kita tenang dan bisa mengendalikan stres. Alhamdulillah, saya sendiri merasakan banyak sehatnya itu semua atas izin Allah," kata Alifudin.

Dia juga berpesan kepada masyarakat, jika memang capek, maka istirahat. Jangan berbuat zalim pada tubuh kita.

"Jangan dipaksakan minum kopi atau beraktivitas lainnya. Kalau capek, ya tidur aja. Karena tubuh itu punya hak-hak untuk beristirahat serta jangan terlalu pusing, tetapi buatlah hati selalu bahagia," kata Alifudin.

Baca juga: DPR RI ajak warga hindari 4T guna mencegah anak alami stunting
Baca juga: Lucy Kurniasari bersama Kemenkes gelar sosialisasi Germas di Surabaya

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023