Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Puluhan pembalap akan bersaing pada seri pamungkas kejuaraan motocross bertajuk Trial Game Dirt 2023 yang akan digelar di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jawa Timur, pada 3-4 November.

Perwakilan 76Rider Agnes Wuisan dalam keterangan yang diterima di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, mengatakan seri pamungkas tersebut diperkirakan berlangsung sengit karena masih akan memperebutkan tiga gelar juara dari empat kelas yang dipertandingkan.

"Melihat daya juang para pembalap sejak seri pertama, kami optimistis seri pamungkas di Kota Malang nanti berlangsung sengit karena perebutan gelar juara masih terjadi di tiga dari empat kelas yang dipertandingkan," kata Agnes.

Dalam seri pamungkas tersebut, puluhan pembalap akan bersaing dalam lintasan untuk mencatatkan waktu terbaik guna meraih juara umum pada empat kelas, yakni Free For All (FFA) Open, Campuran Open, FFA Master, dan Campuran Non-Seeded.

Agnes menambahkan, para pembalap dapat memanfaatkan kejuaraan motocross yang berlangsung dalam beberapa seri tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan berlaga pada ajang atau kejuaraan motocross yang lebih tinggi.

"Untuk itu, dari penyelenggara kami berharap race di Malang akan berlangsung kompetitif dan sportif sehingga para pencinta extreme sports dapat terhibur sesuai dengan konsep sportainment yang kami usung dalam kejuaraan ini," katanya.

Ia menambahkan, salah satu persaingan sengit akan terjadi di kelas utama Campuran Open, di mana pembalap asal Kediri, Jawa Timur, Lantian Juan tengah memimpin klasemen sementara dengan 119 poin diikuti Asep Lukman dengan perolehan 102 poin.

Kemudian, pada kelas utama lainnya yakni FFA Open Lantian Juan telah mengunci gelar juara usai mengantongi 125 poin dari lima seri yang telah diikuti, karena pada posisi kedua, Asep Lukman baru mendapatkan 98 poin dan tidak mampu mengejar meski memenangkan seri terakhir.

Baca juga: Lantian Juan hingga Excel siap bersaing di Trial Game Dirt 2023 seri 4

Dalam kesempatan itu, Direktur Genta Auto & Sport sekaligus promotor Trial Game Dirt 2023 Mariachi Gunawan menyebutkan guna menapaki tangga juara, para pembalap harus tampil fokus menghadapi berbagai rintangan di sepanjang lintasan.

Mariachi bersama timnya sudah merancang halang-rintang yang harus dihadapi para pembalap, di antaranya double car jump, jumpingan patah, giant table top, titian kobra, jumpingan kurma royal serta paling anyar jumping tong.

“Di seri pamungkas ini, menurut saya yang akan juara bukan dia yang memiliki teknik tinggi, tapi juga selalu fokus dan konsentrasi saat balapan," katanya.
​​​​​​​
Pembalap motocross Lantian Juan mengatakan meski telah mengunci gelar juara di kelas FFA Open, ia akan tetap fokus untuk tampil optimal dan menambah gelar juara umum pada kelas Campuran Open.

Bagi Lantian, lawan paling berat dan paling tangguh pada seri tersebut adalah Asep Lukman dan Ivan Harry Nugroho. Pasalnya, kedua pembalap itu selalu mengusik kedigdayaan Lantian Juan sebagai pemimpin klasemen sementara.

"Asep Lukman dan Ivan Harry masih menjadi ancaman di seri ini, namun saya optimistis dapat meraih juara umum Trial Game Dirt 2023. Saya tetap harus waspada karena di sirkuit Lapangan Rampal ini saya belum pernah mencoba sama sekali," kata Lantian Juan. 

Baca juga: Kejuaraan Nasional motokros Bali-Nusra mulai digelar di Sirkuit Lantan

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023