Program bantuan dari pemerintah ini bersifat satu kali pemberian bantuan untuk selanjutnya dimanfaatkan dan dijaga dengan baik, termasuk pengecekan instalasi secara berkala
Surabaya (ANTARA) - PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur menyalakan 19.500 sambungan listrik untuk warga tidak mampu di provinsi setempat melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik guna memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke 78.
 
General Manager PLN UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo kepada wartawan di Surabaya, Kamis memaparkan bertepatan dengan HLN ke 78, PLN telah berhasil menuntaskan pemasangan instalasi dan sambung listrik sebanyak 19.211 dari target 19.500 rumah tangga.
 
"Program bantuan dari pemerintah ini bersifat satu kali pemberian bantuan untuk selanjutnya dimanfaatkan dan dijaga dengan baik, termasuk pengecekan instalasi secara berkala," ujar Agus.
 
Program tersebut diinisiasi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan dukungan Komisi VII DPR ini menyasar warga tidak mampu yang hingga saat ini belum merasakan listrik sendiri.
 
Ia menambahkan untuk layanan pengaduan gangguan, warga dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile. SuperApps yang memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat dimana pun dan kapan pun.
 
Widyaiswara Ahli Madya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arief Indarto mengatakan untuk Kabupaten Tuban mendapat alokasi sebanyak 1.935 warga tidak mampu.
 
"Kami berharap dengan program ini masyarakat menjadi lebih mandiri memiliki akses listrik sendiri tidak tergantung penyediaan listrik dari tetangga," terang Arief.
 
Sementara Anggota Komisi VII DPR Ratna Juwita Sari menyampaikan bahwa Program BPBL Tahun 2023 ini diberikan kepada masyarakat secara gratis untuk membantu masyarakat.
 
"Pemasangan listrik ini diberikan secara gratis, diharapkan dengan listrik ini masyarakat bisa membuka peluang usaha, seperti dicontohkan tadi, dengan ada listrik bisa beli kulkas dan jualan es batu," kata Ratna.
 
Lebih lanjut Ratna menyampaikan bahwa pemberian BPBL tahun 2023 sudah bergerak lebih maju dari tahun sebelumnya dengan adanya penambahan daya 900 VA bagi penerima manfaat.
 
"Yang 2023 ini dayanya sudah bertambah dibanding 2022, kalau 2022 hanya 450 VA tapi yang tahun ini ada 900 VA," ujar Ratna.

Baca juga: PLN: 125.878 pelanggan Jatim manfaatkan elektrifikasi sektor pertanian
 
Penerima bantuan BPBL, Sadi (60) warga Dusun Sumberan, Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Tuban, mengungkapkan rasa suka citanya mendapat bantuan sambung baru listrik PLN.
 
"Alhamdulillah dulu menyalur dari tetangga, sekarang sudah punya listrik sendiri. Terima kasih kepada pemerintah dan PLN," kata Sadi yang sehari-hari berprofesi sebagai petani.
 
Sebelumnya, PLN juga telah menyalakan sambung baru listrik di Desa Jamberejo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro pada Senin (23/10).
 
Sebanyak 904 warga tidak mampu di Kabupaten Bojonegoro yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial menjadi penerima manfaat program ini.

Baca juga: PLN operasikan PLTM Bayu untuk suplai energi hijau di Jatim

Baca juga: PLN sebut 12.858 masyarakat Jatim manfaatkan program tambah daya

Baca juga: PLN UID Jatim sosialisasi pemahaman kelistrikan hingga ke desa

 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023