Jakarta (ANTARA) - Direktur Timur Tengah Kementerian Luar RI Bagus Hendraning Kobarsyih mengatakan bahwa pemberian bantuan dari Tahir Foundation senilai Rp7,5 miliar untuk Gaza, Palestina menunjukkan dukungan konkret masyarakat Indonesia.

Tahir Foundation memberikan donasi kemanusiaan untuk Palestina melalui Dubes Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

"(Pemberian) ini menunjukkan adanya dukungan konkret masyarakat Indonesia, tidak hanya di level pemerintah namun juga di level masyarakat. Tahir Foundation merefleksikan dukungan masyarakat Indonesia dan kita berharap dukungan ini akan terus bergulir," kata Bagus di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Kamis.

Penyerahan donasi itu, lanjut Bagus, menunjukkan bahwa isu Palestina bukanlah isu yang terbatas pada tingkat tertentu, tetapi juga menyinggung dan menyentuh berbagai elemen masyarakat.

"Kami mendukung dan mengapresiasi langkah yang diambil oleh pak Tahir untuk membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Gaza yang saat ini menghadapi tekanan yang luar biasa".

Bagus juga berharap agar ke depannya akan ada banyak bantuan yang diberikan dari masyarakat Indonesia maupun dunia.

Sementara itu, pendiri Tahir Foundation, Dato Sri Tahir, mengatakan bahwa donasi senilai 500.000 dolar AS itu untuk akan disalurkan ke rumah sakit-rumah sakit di Gaza, termasuk Rumah Sakit Indonesia.

"Lebih baik untuk anak-anak dan ibu-ibu yang menghadapi kematian. Belum tahu teknisnya namun kita akan terus monitor".

Dato mengaku bersuka cita dapat mengurangi penderitaan mereka. "Apa yang terjadi di Gaza, juga dapat dirasakan oleh saya yang ada di Indonesia. Palestina tidak asing bagi saya."

Pada kesempatan itu, Dubes Zuhair menyampaikan terima kasih kepada Tahir Foundation atas dukungannya kepada Palestina.

"Ini menunjukkan bahwa Indonesia selalu fokus dan berdoa untuk Palestina. Inilah Indonesia, kami bangga," katanya.

Zuhair juga menyampaikan harapannya agar agresi dan genosida yang terjadi di Gaza saat ini dihentikan demi menyelamatkan orang-orang dan anak-anak di Palestina.

Baca juga: Tahir Foundation sumbang Rp5 miliar untuk UNRWA
Baca juga: UI terima donasi pendidikan Tahir Foundation Rp10 miliar
Baca juga: Kemensos-Tahir Foundation kerja sama tangani anak jalanan

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023