Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Terorisme Nasional RI menyebut peran aktif petugas pemasyarakatan diyakini dapat menekan radikalisasi di dalam lembaga pemasyarakatan. .

“Melalui peran aktif rekan-rekan petugas pemasyarakatan, kami meyakini proses radikalisasi dalam lapas dapat ditekan,” kata Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Ibnu Suhaendra sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis.

Selain itu, katanya, BNPT meyakini bahwa peran aktif petugas pemasyarakatan penting dalam proses deradikalisasi. Untuk itu, Ibnu mendorong petugas pemasyarakatan untuk tetap maksimal dalam membina para narapidana terorisme (napiter).

“Kami berharap dapat semakin sukses sehingga para napiter yang telah bebas tidak kembali pada kelompok atau jaringan terorisme,” ujar Ibnu saat Penutupan Pelatihan dan Peningkatan Kemampuan Petugas Pemasyarakatan dalam Penanganan Napiter di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Baca juga: BNPT ingatkan petugas pemasyarakatan rentan terpapar radikalisme
Baca juga: BNPT nilai masyarakat sipil berperan penting dalam implementasi RAN PE


Di sisi lain, Ibnu mengingatkan pentingnya kerja sama dan sinergi antara petugas pemasyarakatan dan BNPT. Menurutnya, hal tersebut dibutuhkan dalam upaya penanggulangan terorisme, terutama dalam memastikan napiter tidak kembali terjerumus ke dalam aksi terorisme.

“Kita tentunya perlu mengapresiasi rekan-rekan petugas pemasyarakatan karena selama ini rekan-rekan telah bekerja keras dalam melakukan pembinaan terhadap napiter," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Pembinaan Kemampuan (Binpuan) Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT RI Wawan Ridwan menjelaskan petugas pemasyarakatan sangat berpotensi mendapatkan ancaman, baik dari narapidana terorisme (napiter) maupun kelompok yang berada di sekitarnya.

“Petugas pemasyarakatan pun rentan mendapat ancaman baik terhadap individu maupun orang-orang di sekitarnya,” ujar Wawan dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu (25/10).

Wawan mengingatkan bahwa napiter punya kemampuan komunikasi dalam mempersuasi dan memengaruhi orang lain. Oleh karena itu, dia mendorong petugas pemasyarakatan perlu menguasai keterampilan membina yang lebih baik.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023