Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebanyak lima daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Jumat-Sabtu (27-28/10).

"Lima daerah yang diprakirakan hujan adalah Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Kabupaten Mahakam Ulu," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Kamis.

Sedangkan lima kabupaten/kota lainnya, kata dia, cerah dan berawan.

Bagi daerah yang diprakirakan hujan, ia mengimbau masyarakat setempat waspada terhadap dampaknya, seperti banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang, dan tanah longsor.

Prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait di daerah masing-masing, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Baca juga: Empat kabupaten di Kaltim berpotensi hujan disertai petir Minggu-Senin

Sedangkan rincian per waktu hujan di lima kabupaten tersebut antara lain di Kabupaten Berau diprakirakan hujan lebat disertai petir terjadi pada Jumat sekira pukul 17.00 Wita di dua kecamatan yakni Kelay dan Segah. Kemudian pada pukul 23.00 hingga Sabtu pukul 05.00 Wita hujan ringan di kedua kecamatan itu. 

Di Kabupaten Mahakam Ulu, hujan lebat disertai petir diprakirakan terjadi pada Jumat sekira pukul 17.00 dan 20.00 Wita di empat kecamatan yakni Long Apari, Long Bagun, Laham, dan Long Pahangai. Kemudian pada pukul 23.00 hingga Sabtu pukul 05.00 Wita, hujan ringan diprakirakan terjadi di tiga kecamatan yakni Long Bagun, Laham, dan Long Hubung.

Di Kabupaten Kutai Barat, hujan ringan diprakirakan terjadi pada Jumat sekira pukul 14.00 hingga Sabtu pukul 02.00 Wita di 12 kecamatan, yakni Sendawar, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Tering.

"Sedangkan lima kabupaten/kota yang diprakirakan cerah dan berawan adalah Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara," kata Carolina.

Baca juga: BMKG: Enam daerah di Kaltim berpotensi hujan

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023