Belanja infrastruktur di dalam APBN selama ini sangat signifikan untuk terus mengejar ketertinggalan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) turut memperkuat pembangunan infrastruktur untuk konektivitas digital guna mendukung industri kreatif.

“Belanja infrastruktur di dalam APBN selama ini sangat signifikan untuk terus mengejar ketertinggalan Indonesia. Selain infrastruktur fisik seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandara, pemerintah juga memastikan infrastruktur untuk konektivitas digital seperti listrik dan internet,” kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pembangunan tersebut mencakup satelit, fiber optic, hingga berbagai sarana untuk bisa menghubungkan masyarakat dengan teknologi digital maupun konektivitas secara digital.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk menghubungkan audiens dengan kreator pada platform digital.

Bendahara Negara menambahkan, pemerintah juga mendukung peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total anggaran pemerintah.

Dengan peningkatan SDM melalui pendidikan serta perkembangan platform digital, diharapkan dampak positif dari industri kreatif dapat makin meningkat karena para kreator dapat membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka kepada audiens yang lebih luas.

“Makanya knowledge experience yang dibagikan akan memberikan dampak yang jauh lebih besar. Inilah investasi di bidang pendidikan yang banyak saya harapkan akan menjadi salah satu pendukung bagi makin meningkatnya demokratisasi di Indonesia di dalam memanfaatkan teknologi digital,” kata Sri Mulyani.

Di samping itu, Kementerian Keuangan juga mendukung industri kreatif melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dukungan tersebut mulai dari kredit yang diberikan dengan subsidi maupun akses terhadap permodalan.

Sri Mulyani mengatakan Kementerian Keuangan akan terus mendukung industri kreatif yang makin bertumbuh, dengan memberikan kesempatan yang sama dan luas sehingga generasi muda bisa mencapai cita-cita mereka.

Baca juga: Kemenkeu tingkatkan pemahaman generasi muda tentang APBN
Baca juga: Menkeu waspadai tantangan global kendati APBN dalam posisi baik


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023