Kupang (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendukung program pencegahan stunting atau ganguan pertumbuhan pada anak, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Peran partai politik sangat penting untuk membantu program pemerintah, khususnya pencegahan stunting," katanya saat bertemu seratusan ibu dan anak di Posyandu Kenari, Kupang, NTT, Jumat.

Dalam pertemuan itu, Kaesang memberikan bantuan paket sembako kepada 100 anak stunting maupun gizi buruk di RT 024 RW 09 Kelurahan Naikoten I, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Bahkan, putra bungsu Presiden Jokowi itu berjanji akan membangun sumur air untuk beberapa titik di lokasi itu.

"Nanti saya coba buatkan sumur air, supaya bisa mendapatkan air bersih," ujarnya.

Berdasarkan data dari Studi Survei Gizi Indonesia (SSGI), prevalensi angka stunting Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun 2021 sebesar 37,8 persen. Angka tersebut menjadikan Provinsi NTT sebagai penyumbang tertinggi anak stunting di Indonesia.

Ketua RT 024 Asnad Lay mengatakan, pemerintah Kelurahan Naikoten I selama ini sudah melaksanakan sejumlah program pencegahan maupun penanganan stunting dan gizi buruk.

Program yang sudah dilaksanakan selama ini seperti pemberian makanan tambahan (PMT) penyuluhan, dan PMT pemulihan,

Asnad bersama para ibu kader terus bekerja untuk mencegah maupun menangani persoalan stunting dan gizi buruk di Kelurahan Naikoten.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Kaesang Pangarep yang sudah memberikan kepedulian kepada anak stunting dan gizi buruk di Kelurahan Naikoten.

"Kami sangat senang bisa dikunjungi Kaka Kaesang Pangarep. Tentunya, perhatian Kaka Kaesang ini sangat memotivasi kami untuk terus memberikan pelayanan kepada anak stunting dan gizi buruk," katanya menegaskan.

Kaesang Pangarep bersama sejumlah elit PSI melaksanakan safari politik di NTT, 27-28 Oktober 2024.

Dalam safari politik selama dua hari itu, Kaesang dijadwalkan menghadiri beberapa kegiatan diantaranya memberikan arahan pada kegiatan kopi darat wilayah (Kopdarwil) PSI dirangkaikan dengan Konsolidasi pemenangan pengurus dan bakal calon legislatif (bacaleg) PSI se NTT.

Silaturahmi bersama relawan Jokowi di NTT diantaranya Bara JP, Solmet dan Alap Alap Jokowi. Silaturahmi bersama perwakilan tokoh agama, suku, adat, organisasi pemuda dan organisasi kemasyarakatan. Serta, mengunjungi sentra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: Kaesang minta PSI NTT menangkan partai dan Prabowo-Gibran
Baca juga: Kaesang disambut tarian Kataga saat buka Kopdarwil di NTT

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023