Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Swedia Kamapradipta Isnomo menyampaikan solidaritas Indonesia dengan bangsa Palestina, dalam pertemuannya dengan Dubes Palestina Rula Al Mhaissen.

“Saya menyampaikan solidaritas kepada Palestina melalui Dubes Palestina Rula Al Mhaissen, serta duka dan simpati atas kejadian yg tengah terjadi di Jalur Gaza dan Tepi Barat sebagai akibat dari serangan militer Israel,” kata Kamapradipta melalui pesan singkat kepada ANTARA, Jumat.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Stockholm pada Kamis (26/10), Dubes Kamapradipta juga menegaskan dukungan Indonesia akan perlunya gencatan senjata dan akses bantuan kemanusiaan di Jalur Gaza.

Dubes Palestina menyampaikan apresiasi atas kunjungan dan solidaritas para dubes dari Indonesia, Malaysia, Bangladesh, dan Pakistan.

Dukungan Indonesia untuk Palestina juga ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan darurat Sidang Majelis Umum PBB yang digelar di New York pada Kamis (26/10) untuk membahas aksi ilegal Israel di wilayah pendudukan Palestina.

Baca juga: Indonesia golongkan kekerasan di Gaza sebagai kejahatan kemanusiaan

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno mendesak Majelis Umum PBB membentuk komisi independen untuk menyelidiki serangan Israel terhadap rumah sakit dan tempat ibadah, serta pengusiran massal warga sipil di Gaza.

Retno mengakhiri pernyataannya dengan menegaskan pentingnya upaya mengatasi akar masalah konflik Israel-Palestina. Dia menegaskan bahwa perdamaian tidak akan tercipta sebelum akar konflik diatasi.

Untuk itu, Indonesia menilai proses perdamaian untuk mewujudkan solusi dua negara harus dimulai kembali. Upaya sistematis Israel untuk membuat negosiasi menjadi tidak relevan harus dihentikan.

“Jangan sampai rakyat Palestina tidak lagi memiliki pilihan selain menerima ketidakadilan seumur hidup mereka. Menjadi tugas kita untuk menghentikan ketidakadilan ini,” kata Retno.

“Indonesia siap dan akan menjalankan perannya. Indonesia akan terus bersama rakyat Palestina,” ujar dia, menegaskan.

Baca juga: Indonesia desak Majelis Umum PBB selidiki serangan Israel di Gaza

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023