Beijing (ANTARA) - Kementerian Transportasi China pada Kamis (26/10) menyebutkan bahwa tingkat lalu lintas penumpang kereta, jalur air, dan penerbangan sipil negara itu melonjak lebih dari 100 persen secara tahunan (yoy) dalam tiga kuartal pertama tahun 2023

"Lalu lintas penumpang antarwilayah di China meningkat 31 persen (yoy) menjadi 45,66 miliar dari Januari hingga September," kata juru bicara Kementerian Transportasi China Sun Wenjian dalam konferensi pers.

Sun menjelaskan di antara semua jenis transportasi, perjalanan penerbangan sipil meroket 126,7 persen (yoy), diikuti oleh peningkatan perjalanan jalur air sebesar 120,9 persen dan peningkatan perjalanan kereta sebesar 112,4 persen. Sementara itu, perjalanan darat meningkat sebesar 26,8 persen.

Dia mengatakan selama periode tersebut, transportasi kargo komersial meningkat 7,1 persen (yoy) menjadi 40,31 miliar ton, sementara throughput kargo di pelabuhan-pelabuhan China meningkat 8,5 persen menjadi 12,54 miliar ton.

Menurut Sun, investasi aset tetap di bidang transportasi mencapai 2,88 triliun yuan (1 yuan = Rp2.176) pada tiga kuartal pertama, menandai pertumbuhan tahunan sebesar 5,6 persen.

Dia mengatakan sektor transportasi negara itu terus menunjukkan pemulihan stabil dalam tiga kuartal pertama, menyediakan layanan transportasi yang solid dan kuat serta jaminan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang wajar.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023