Kegiatan ini sangat positif dan menjadi ajang promosi wisata di Kabupaten Rejang Lebong.
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan pelaksanaan Festival Bukit Kaba yang digelar Desa Wisata Sumber Urip pada 29 Oktober nanti menjadi ajang promosi wisata di daerah ini.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Rejang Lebong Nuning Nurdani saat dihubungi, di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan Festival Bukit Kaba atau Kaba Fest tersebut digelar oleh Desa Wisata Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang dengan jenis kegiatan berupa jalan santai, senam sehat, lomba layang-layang sendaren, bazar ekonomi kreatif serta pementasan kesenian daerah.

"Kegiatannya dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Sumber Urip, kegiatan ini sangat positif dan menjadi ajang promosi wisata di Kabupaten Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan, pada pelaksanaan kegiatan ini rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Bengkulu dan Dinas Pariwisata Bengkulu, kemudian Bupati Rejang Lebong dan pejabat lainnya.

Ketua Pokdarwis Bukit Kaba Desa Sumber Urip Yulian Adi Pratama menjelaskan untuk perlombaan layang-layang sendaren hingga Jumat (27/10) sore, jumlah pendaftarnya sudah lebih dari 100 orang.

"Untuk pendaftar Sendaren Fun Kaba Fest 2023 yang mendaftar secara online saat ini sudah lebih dari 100 orang, jumlah ini belum ditambah dengan mereka yang mendaftar secara langsung kepada panitia," katanya pula.

Peserta dari lomba layang-layang ini, kata Adi, tidak dibatasi jumlahnya termasuk asalnya, baik dari daerah itu maupun luar daerah seperti Kepahiang maupun Kota Bengkulu dan daerah lainnya.

Menurut dia, lomba layang-layang sendaren itu baru pertama kali digelar dalam Festival Bukit Kaba, karena sebelumnya kegiatan serupa hanya fokus pada kegiatan di atas Bukit Kaba maupun kegiatan sedekah bumi yang dilakukan pihak desa.

"Kegiatan ini adalah kegiatan desa wisata, sehingga dengan kegiatan ini kami ingin mempromosikan desa wisata kami dengan destinasi unggulan kami adalah Bukit Kaba," kata dia pula.

Dia berharap Festival Bukit Kaba ini nantinya bisa mengenalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Wisata Sumber Urip dengan wisata unggulan berupa Taman Wisata Alam Gunung Api Bukit Kaba kepada masyarakat luas.
Baca juga: Wisatawan mulai kunjungi TWA Bukit Kaba
Baca juga: Pencinta alam perbaiki jalur pendakian Bukit Kaba Rejang Lebong

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023