Tanjung Selor (ANTARA) -
Bupati Bulungan Syarwani menyebut Tenguyun Fest 2023 telah meningkatkan animo anak muda di daerah itu mencintai olahraga bola basket sekaligus ajang mengekspresikan kreativitas.
 
"Selain itu, kegiatan ini mampu meningkatkan pendapatan pelibatan UMKM karena keterlibatannya dalam ajang olahraga itu," kata Bupati Bulungan di Tanjung Selor, Sabtu.
 
Bupati Bulungan menutup secara resmi pelaksanaan Tenguyun Fest 2023 di Dome Center, Tanjung Selor pada Kamis 26 Oktober 2023. Event ini sendiri dimulai pada 20 Oktober 2023.
 
Tenguyun Fest digelar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan.

Ajang ini mengusung konsep Sportainment dengan menggelar turnamen basket antarpelajar dan tim basket se-Kalimantan Utara.
 
Festival ini juga menyediakan area kuliner dan bermain, parade musik, literasi budaya, live mural, karnaval batik Bulungan, dan kompetitif permainan.
 
"Semua itu mendorong kreativitas anak muda, meningkatkan pendapatan pelaku UMKM, serta meningkatkan spirit olahraga," kata Syarwani.
 
Bupati mengatakan, Tenguyun Fest cukup sukses dan akan digelar kembali pada 2024 mendatang dan berskala nasional.
 
Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bulungan merencanakan perbaikan gedung Dome Center agar lebih siap digunakan untuk ajang berskala nasional.
 
Bupati mengatakan, festival ini juga telah membangun sikap saling pengertian dengan mengajarkan pentingnya menjunjung tinggi budaya dan tradisi setempat.
 
"Tenguyun Fest juga memberikan peluang bagi anak muda untuk belajar," ujar dia.

 

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023