Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Universitas Brawijaya (UB) menyatakan bahwa pihaknya saat ini fokus membantu alumni muda untuk memasuki dunia industri dan dunia kerja (DUDI).

Ketua Umum (Ketum) IKA UB periode 2023-2027 Muhammad Zainal Fatah di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang memberikan pendampingan kepada alumni muda yang akan mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

"Pada saat kami mengetahui bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK sudah dibuka, maka teman-teman bergerak serentak untuk mendampingi alumni muda," kata Fatah.

Ia mengatakan, pendampingan yang disiapkan IKA UB tersebut dengan mendatangkan sejumlah narasumber seperti dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memberikan pembekalan kepada alumni muda.

Baca juga: IKA Brawijaya minta alumni sukseskan program Mahasiswa Membangun Desa

Menurut dia, pendampingan tersebut banyak diminati oleh alumni muda. Dengan adanya pendampingan alumni muda bisa mengetahui berbagai informasi tentang apa saja yang harus disiapkan agar lolos seleksi CPNS.

"Ini untuk membantu adik-adik kami yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Kami ingin fokus bagaimana membuat alumni muda jauh lebih mudah masuk ke pasar kerja," tutur Fatah.

Ia menambahkan, hal lain menjadi perhatian penting IKA UB untuk membantu alumni muda agar lebih memiliki peluang besar untuk diterima dunia kerja tersebut adalah dengan memberikan fasilitasi sertifikasi keahlian atau profesi.

"Sertifikasi keahlian itu saat ini sudah menjadi syarat formal. Sehingga hal tersebut perlu kita fasilitasi agar mereka punya sertifikasi keahlian dan lebih mudah mendapatkan pekerjaan," katanya.

Baca juga: Universitas Brawijaya bina petani kembangkan agrowisata di Pamekasan

Pada kesempatan itu, Rektor UB Prof Widodo memberikan apresiasi kepada IKA UB yang berkomitmen untuk membantu alumni muda, agar lebih diterima di dunia kerja. Hubungan yang baik antara alumni dengan universitas membawa banyak dampak positif.

"Kami berharap alumni bisa memberikan kontribusi yang banyak terhadap pertumbuhan dan perkembangan universitas dan Bangsa Indonesia," ucapnya.

Dalam waktu dekat, lanjut dia, kerja sama yang akan dilakukan oleh pihak universitas bersama IKA UB adalah memberikan sertifikasi untuk alumni baru UB. Ia juga berharap alumni diharapkan juga bisa memperkuat jejaring antaralumni muda dan senior.

Ia berharap alumni bisa lebih melebarkan sayap dalam berkiprah di dunia kerja maupun pemerintahan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Universitas akan selalu mendukung alumni untuk bisa lebih maju dan berkembang.

Baca juga: Universitas Brawijaya luncurkan sepeda listrik, wujudkan kampus hijau

"Bagaimana memberikan kredensial kepada alumni baru kita, sehingga alumni baru kita bisa membentuk jejaring dengan para seniornya agar lebih mudah diterima oleh dunia kerja," kata Widodo.

Selain pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Universitas Brawijaya periode 2023-2027, dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Kereta Api Indonesia (KAI), peluncuran kartu anggota dengan desain baru, dan pelaksanaan simposium nasional.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023