Kawasan Indonesia, Malaysia dan Thailand merupakan pasar menarik bagi kami,
Jakarta (ANTARA News) - Ini bukti bukan sekedar janji. Ajang koalisi antara sepak bola dan bisnis otomotif terwujud dalam jalinan kerjasama antara Manchester City Football Club (MCFC) dengan Astra Daihatsu Motor (ADM).

Manchester City yang finis di tempat kedua klasemen Liga Inggris (Premier League) musim kompetisi 2012/13 benar-benar "blusukan" ke pasar otomotif Indonesia. City menunjuk ADM sebagai mitra otomotif resmi di Indonesia dalam sebuah jumpa pers yang digelar di Jakarta, Rabu.

"Sejarah dan warisan panjang Daihatsu di dunia industri otomotif di seluruh Asia nyaris tanpa tanding. Menjadi mitra dengan Daihatsu merupakan kehormatan bagi kami. Ini juga dapat meningkatkan daya tarik City di seluruh dunia," kata Manajer bidang penjualan Manchester City untuk kawasan Amerika dan Asia, Ryan Norys.

Ada dua bukti bahwa The Citizens "blusukan" ke pasar Indonesia. Di bidang otomotif, Daihatsu berhak memamerkan lambang dan pemain City di seluruh jaringan dealermnya di 52 kota di Indonesia.

Di bidang sepak bola, City disebut-sebut bakal mengakuisisi sebuah klub sepak bola Indonesia. "Belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai rencana akuisisi sebuah klub di sini, tapi sudah ada langkah positif ke arah sana," kata Norys.

Pada 5 Juli 2013, dua pemain belakang City akan berkunjung ke Indonesia dalam rangkaian tur Asia Tenggara Manchester City.

Kedua pemain yang akan datang dari Hongkong itu masing-masing Aleksandar Kolarov dan Micah Richards. Kedua pemain tersebut berencana memberikan "coaching clinic" di Jakarta.

"Kawasan Indonesia, Malaysia dan Thailand merupakan pasar menarik bagi kami," katanya menegaskan.

MCFC menjalin kerjasama dengan PT ADM dengan menggelar kerjasama dalam program "Xenia Family Kick and Drive".

Manchester City menempati peringkat kedua di klasemen Liga Inggris musim 2012/13 dengan mengemas 78 poin. Peringkat pertama diduduki oleh Manchester United (MU) dengan memperoleh 89 poin.

Aleksandar Kolarov, pemain berjuluk "Roberto Carlos dari Serbia" ini bergabung ke City dari Lazio sejak Juli 2010. Bek kiri berusia 24 tahun itu pernah mencetak gol spektakuler dan disebut-sebut bakal hengkang ke Real Madrid. Ia punya pengalaman turun di Liga Champions semasa masih membela klub Italia.

Micah Richards, lahir di Birmingham, bergabung ke City dari Oldham Athletic. Micah yang juga pernah membela timnas Inggris U-21, dan memulai debut ketika melawan Moldova pada Agustus 2006. Sejak Februari 2008, ia menerima pembaruan kontrak selama lima setengah tahun dari City.

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013