Jayapura (ANTARA) - Komunitas Selam Jayapura, Papua melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut sedalam 12 meter untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023, Sabtu.

Ketua MOLLO Dive Community Jayapura Koman Dwi Putra Tarigan di Jayapura, Sabtu, mengatakan upacara yang dilaksanakan di Tanjung Kayu Batu, Distrik Jayapura Utara itu melibatkan 50 orang, termasuk lima atlet selam Papua.

Baca juga: Lantamal X-Polda Papua gelar upacara di bawah laut Jayapura

"Kami melaksanakan upacara di bawah laut sekitar 45 menit, mulai dari persiapan hingga melakukan sesi foto bersama," katanya.

Menurut Tarigan, upacara pengibaran bendera Merah Putih kali ini merupakan yang kedua kali dimana sebelumnya Komunitas Selam Jayapura juga melakukan pada 2022.

"Jadi, untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda kami melakukan beberapa kegiatan, seperti aksi gerebek sampah di Pantai Hamadi dan donor darah di Kantor Gubernur Papua pada 21 Oktober 2023," ujarnya.

Dia menjelaskan poin terpenting dari pelaksanaan upacara bawah laut memperingati Hari Sumpah Pemuda menandakan bahwa bersatu, bertanah air Indonesia.

Baca juga: BNPT: Sumpah Pemuda Ke-95 momentum bangun semangat kerja kolaboratif

Baca juga: Menkopolhukam : Indonesia emas 2045 diwujudkan generasi muda


"Kami bersyukur Polairud Polda Papua, pihak perbankan dan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) yang mendukung pelaksanaan upacara di bawah laut," katanya.

Dia menambahkan kegiatan ini merupakan hal yang sangat positif, sehingga generasi muda Papua, khususnya Kota Jayapura memiliki semangat untuk berjuang.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023