Jakarta (ANTARA) - Taekwondoin Jawa Barat Marani Binar Febria merebut medali emas kelas putri under 46 kilogram babak kualifikasi PON Aceh-Sumut 2024 di GOR POPKI Jakarta, Sabtu.

Atlet Jawa Barat itu menang dengan skor 2-0 atas wakil Kalimantan Timur Bintang Kabila Laoetania di Jakarta,Sabtu.

Marani merebut ronde pertama setelah unggul dengan poin 5 dibandingkan Bintang dengan 2 poin.

Pada ronde kodua Marani semakin bersemangat untuk menuntaskan partai final. Dirinya mengumpulkan 9 poin dan Bintang hanya meraih dua poin.

Medali perunggu bersama diraih oleh wakil Papua Tengah Dhamytha Fauziah Noor dan wakil Jawa Tengah Pradinda Puspa Rinjani.

Sebelumnya 512 atlet taekwondo dari seluruh provinsi di Indonesia memperebutkan 218 tiket lolos ke PON Aceh-Sumut 2024 pada Babak Kualifikasi PON 2024 di GOR POPKI Jakarta Timur.

Sekjen Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Brigjen TNI Robert Ndona di Jakarta, Sabtu mengatakan para peserta berasal dari 38 provinsi, tanpa Aceh dan Sumatera Utara yang menjadi tuan rumah.

“Dalam pertandingan ini PB TI juga melakukan pemantauan terhadap atlet berpotensi untuk didata untuk ajang internasional nantinya,” kata Robert.

Adapun nomor yang dipertandingkan di babak kualifikasi PON, dulu disebut turnamen Pra-PON, adalah tarung atau Kyorug dan jurus atau poomsae. Untuk kategori tarung dipertandingkan delapan nomor kelas putra, yakni (-) 54 Kg, (-) 58 Kg, (-)63 Kg, (-) 68 Kg, (-) 74 Kg, (-) 80 Kg, (-) 87 Kg dan (+)80 Kg.

Nomor tarung putri juga mempertandingkan delapan nomor, yakni kelas (-) 56 Kg, (-) 49 Kg, (-) 53 Kg, (-) 57 Kg, (-) 62 kg, (-) 67 Kg, (-) 73 Kg dan (+) 73 Kg.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023