Dengan adanya peningkatan kunjungan selama turnamen, para pedagang mengalami peningkatan omset yang positif
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan digital para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

"Kami berkomitmen untuk memberikan pendampingan kepada para pedagang yang ada di sini agar mengikuti perkembangan zaman," kata Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal ini dikatakannya saat menutup Kejuaraan Tenis Meja yang mengusung tema "Perempuan Peduli Pedagang", di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Pihaknya pun berdiskusi dengan antar Kementerian/Lembaga dan beberapa jajaran eksekutif perempuan terkait banyaknya toko di Tanah Abang yang tutup.

Bintang Puspayoga meminta para pedagang agar tidak hanya melakukan penjualan secara konvensional, tapi mereka juga harus mengikuti perkembangan jaman dengan menggunakan berbagai platform digital yang ada.

"Edukasi dan pendampingan akan dibantu oleh teman-teman dunia usaha," katanya.

KemenPPPA mencatat voucher belanja sebesar Rp300 juta habis terjual selama pelaksanaan Kejuaraan Tenis Meja "Perempuan Peduli Pedagang".

"Dengan adanya peningkatan kunjungan selama turnamen, para pedagang mengalami peningkatan omset yang positif. Hal ini membuktikan bahwa dukungan dan kepedulian perempuan kepada pedagang dalam bentuk kegiatan seperti ini memiliki efek yang luar biasa terhadap ekonomi lokal," kata Bintang Puspayoga.

Pihaknya berharap kejuaraan tenis meja ini dapat menjadi praktik baik dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi, khususnya di sektor perdagangan.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bukanlah akhir. Ini adalah kegiatan awal sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk mendorong perempuan agar tidak hanya menjadi penikmat pembangunan, tapi juga berkontribusi dalam pembangunan itu sendiri," kata Bintang Puspayoga.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023