Melihat antusiasme masyarakat, diharapkan jalan tol dapat menjadi pilihan masyarakat utamanya ketika hari besar.
Palembang (ANTARA) - Jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Tol Indralaya-Prabumulih (Indraprabu) di Sumatera Selatan (Sumsel) sejak awal operasi 30 Agustus 2023 hingga akhir Oktober 2023 melebihi prediksi dari PT Hutama Karya selaku pengelola jalan bebas hambatan ini.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangannya, di Palembang, Minggu, menyebutkan kendaraan yang melaju di tol tersebut pada periode itu tercatat sebanyak total 309.733 kendaraan.

"Melihat antusiasme masyarakat, diharapkan jalan tol dapat menjadi pilihan masyarakat utamanya ketika hari besar seperti Natal 2023, Tahun Baru 2024, dan mudik Lebaran mendatang," kata Tjahjo Purnomo.

Infrastruktur yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) itu selain memacu pertumbuhan ekonomi, juga dapat memangkas waktu kurang lebih 1 jam dari Kota Palembang menuju Kota Prabumulih.

Sementara bila melalui jalan arteri Palembang, Indralaya dan Prabumulih bisa mencapai dua jam lebih.

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan, jalan tol itu telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada bulan Juli 2023 lalu dan beroperasi tanpa tarif sejak tanggal 30 Agustus 2023.

Adapun Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas sejak awal beroperasi 30 Agustsus hingga Senin (23/10) melebihi prediksi Hutama Karya,” ujar Tjahjo.

Pembangunan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih merupakan hasil kolaborasi dari percepatan konstruksi yang dilakukan bersama dengan anak perusahaan Hutama Karya yaitu PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) dan PT Hakaaston (HKA).

Salah satu metode yang menarik dalam pengerjaan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih oleh HKI adalah "girder erection" menggunakan metode "launcher+.

Metode ini dilakukan pada area Jembatan Kelekar yang lokasinya cukup sulit dijangkau crane. Metode launcher pada girder erection dipilih karena dimensi pierhead yang besar sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan crane.
Baca juga: Hutama Karya operasikan Tol Indralaya-Prabumulih di Sumsel tanpa tarif
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Tol Indralaya-Prabumulih di Sumsel

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023