Jakarta (ANTARA) - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia sukses menerbangkan sebuah pesawat penumpang komersial yang menggunakan bahan bakar pesawat yang dicampur dengan minyak sawit, kata direktur utama perusahaan tersebut.

Pesawat Boeing 737-800NG yang membawa lebih dari 100 penumpang lepas landas dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Provinsi Banten pada Jumat (27/10) menuju Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo di Provinsi Jawa Tengah, yang berjarak sekitar 550 km.

"Ini adalah yang pertama kalinya. Setelah uji coba berhasil, kami menggunakan biofuel untuk penerbangan komersial," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Bahan bakar jet alternatif ini diproduksi oleh perusahaan energi milik negara, PT Pertamina. Indonesia melakukan uji terbang pertama dengan jenis bahan bakar serupa pada sebuah pesawat pada 2021 lalu.

Sebagai penghasil minyak sawit terbesar di dunia, Indonesia berupaya untuk memperluas penggunaan biofuel demi mengurangi impor bahan bakar.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023