Semoga dapat terselenggara lagi tahun depan
Banjarnegara (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengharapkan ajang Etawalin Dieng Run Lari Atas Awan 2023 di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dapat digelar setiap tahun.

"Semoga dapat terselenggara lagi tahun depan," kata Pj Bupati usai melepas peserta Dieng Run Atas Awan 2023 di KWDT Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Minggu.

Menurut dia, kegiatan sport and natural tourism tersebut turut mengangkat potensi pariwisata Banjarnegara, khususnya KWDT Dieng.

Oleh karena itu, dia menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara yang telah menggelar kegiatan yang melibatkan lebih dari 1.000 pelari tersebut.

"Dengan adanya kegiatan ini, pariwisata Banjarnegara turut terangkat," tegasnya.

Salah seorang perwakilan penyelenggara, Faizuddin Firdaus juga mengharapkan kegiatan Dieng Run tersebut dapat menjadi agenda tahunan.

Ia mengaku senang melihat semangat pelari yang ingin meraih prestasi di ajang Dieng Run sembari berwisata di berbagai destinasi yang ada di Dieng.

"Semoga kegiatan ini menjadi event tahunan, sehingga bisa jumpa lagi tahun depan," kata Direktur Utama PT Ethos Kreatif Indonesia itu.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT Ethos Kreatif Indonesia Achmad Subarkah mengatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan yang mengangkat potensi lokal setempat.

Menurut dia, hal itu sejalan dengan produk susu kambing perusahaan tersebut yang menggandeng peternak lokal dan menjadi kebanggaan masyarakat Banyumas Raya karena telah menembus pasar nasional.

"Kami juga berkomitmen untuk terus mendukung para peternak kambing di wilayah Banyumas Raya," katanya.

Baca juga: Wabup Wonosobo: Dieng miliki potensi jadi geopark nasional

Kegiatan Dieng Run Lari Atas Awan 2023 yang pertama kali digelar di KWDT Dieng dengan melibatkan lebih dari 1.000 pelari itu berkompetisi pada jarak tempuh 5 kilometer (5K) dan 10 kilometer (10K) dengan kategori umum dan pelajar.

Salah seorang peserta asal Semarang, Anisa Fauzia mengaku senang karena dapat menyelesaikan kompetisi untuk jarak tempuh 5K meskipun tetap penuh tantangan karena jalanan yang dilalui menanjak.

Demikian pula dengan wisatawan asal Jerman, Marry mengaku sangat suka terhadap suasana Dieng, sehingga turut berpartisipasi dalam Dieng Run.

"Senang bisa lari dengan suasana Dieng yang sejuk dan pemandangan indah. Orangnya juga ramah-ramah," katanya.

Baca juga: Komisi V DPR RI pantau penataan Kawasan Wisata Dieng Banjarnegara

Baca juga: Kementerian PUPR percantik pariwisata Dieng kembangkan ekonomi Jateng

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023