Masyarakat diimbau agar tetap waspada karena hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang itu dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor.
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Senin sore dan malam hari.

Prakirawan BBMKG wilayah 1 Medan Putri Diana Tarigan di Medan Senin menyebutkan, berdasarkan prakiraan, kondisi cuaca di Sumatera Utara pada Senin pagi rata-rata berawan banyak.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Simalungun, Dairi, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Samosir, Pematang Siantar, Toba, dan sekitarnya.

Kemudian pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, P.Sidempuan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Toba, dan sekitarnya.

Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau agar tetap waspada karena hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang itu dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor.

Sementara suhu udara rata-rata 18 – 33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 98 persen, dan angin berhembus dari Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Pewarta: Juraidi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023