Sekitar Solo berkomitmen setelah lima tahun ke depan untuk mengirim sampah ke sini. Artinya selama lima tahun ini kami menghabiskan gunung sampah kami sendiri dulu, baru kemudian nanti menerima sampah dari luar kota.
Solo (ANTARA) -
Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo Solo di Jawa Tengah resmi beroperasi dengan menghasilkan listrik sebesar 5 megawatt (MW).
 
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di sela peresmian pengoperasian PTLSa Putri Cempo Solo, Senin, mengatakan saat ini PLTSa tersebut bisa langsung dimanfaatkan oleh warga.
 
"Disalurkan lewat gardu yang ada di Palur," katanya.

Baca juga: Kota Kediri jadi rujukan studi tiru pengelolaan sampah
 
Nantinya, PLTSa Putri Cempo akan mampu menghasilkan 8 MW listrik sekali produksi. Meski demikian, untuk sementara ini baru menghasilkan 5 MW listrik.
 
Sementara itu, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kerja sama dengan kabupaten sekitar di Solo Raya untuk kesepakatan pengiriman sampah mengingat PLTSa Putri Cempo merupakan solusi pengolahan sampah untuk wilayah Solo Raya.
 
"Sekitar Solo berkomitmen setelah lima tahun ke depan untuk mengirim sampah ke sini. Artinya selama lima tahun ini kami menghabiskan gunung sampah kami sendiri dulu, baru kemudian nanti menerima sampah dari luar kota," kata Gibran.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP) selaku operator PLTSa Putri Cempo Elan Suherlan mengatakan pembangkit listrik tenaga sampah tersebut merupakan fasilitas yang dapat digunakan secara bersama-sama untuk pembelajaran berbagi pengetahuan.
 
Selain itu, dikatakannya, juga dapat dijadikan sebagai sarana berbagi pengalaman, sarana riset dan pengembangan, sarana pelatihan dan dukungan untuk pengolahan sampah menjadi energi baru yang bersih dan ramah lingkungan.

Baca juga: Bantul optimalkan bank sampah dan TPS 3R kelola sampah
 
Ia mengatakan PLTSa Putri Cempo akan mengolah sebanyak 545 ton sampah mentah setiap hari. Sampah-sampah yang akan diolah untuk kemudian menjadi energi listrik tersebut terdiri dari sampah lama dan sampah baru.
 
"Nantinya dapat membangkitkan energi listrik kurang lebih sebesar 8 MW. Sebagian energi listrik akan kami gunakan sendiri dan sebagian lagi, yakni sekitar 5 MW akan kami jual kepada PLN untuk selanjutnya disalurkan kepada pelanggan PLN melalui jaringan distribusi," katanya.
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023