Golo Loni memang salah satu desa wisata tematik di Flores yang memiliki komitmen kuat dalam pengembangan pariwisata, sehingga kami terus menerus mendorong perbaikan dan pelayanan di sana
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mendukung pengembangan kapasitas pelaku UMKM lewat pemanfaatan teknologi di Desa Wisata Golo Loni, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

"Golo Loni memang salah satu desa wisata tematik di Flores yang memiliki komitmen kuat dalam pengembangan pariwisata, sehingga kami terus menerus mendorong perbaikan dan pelayanan di sana," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin.

Dukungan dari BPOLBF itu berkaitan dengan Program Jalin Nusantara dari TikTok Indonesia berupa peningkatan kapasitas UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital.

Pelatihan yang dipersiapkan bagi semua pelaku UMKM di desa wisata itu akan berlangsung selama tiga bulan yakni Januari hingga Maret 2024 mendatang.

Materi pelatihan dalam program Jalin Nusantara diantaranya perencanaan dan pengemasan produk, manajemen keuangan usaha, literasi digitalisasi, dan strategi pemasaran produk.

BPOLBF telah menaruh perhatian pada pengembangan produk usaha masyarakat untuk mendukung pariwisata Labuan Bajo Flores.

Lewat berbagai pelatihan dan program kolaborasi bersama semua pihak, Shana meyakini banyak produk di wilayah Flores yang memiliki kekuatan dan nilai jual sehingga mampu bersaing dengan pasar saat ini.

"Kita terus gali potensi kita dan mendorong pelaku usaha untuk terus mengembangkan kapasitas produk yang dimiliki," katanya optimis.

Kepala Desa Golo Loni Johan Okalung memberikan apresiasi atas dukungan BPOLBF dan kerja sama dengan pihak terkait untuk kegiatan tersebut.

Ia optimistis berbagai perhatian berupa pelatihan dan peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif menjadi momen baik untuk mengembangkan pariwisata Golo Loni lebih luas lagi.

"Tentunya keberadaan UMKM sangat membantu pengembangan produk pendukung kepariwisataan yang ada," ucapnya.

Baca juga: BPOLBF siap perkenalkan Sea Kayak sebagai alternatif wisata Flores

Baca juga: BPOLBF perkuat kapasitas pemandu geowisata di Labuan Bajo

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023