Kami berharap aksi ini harus terus ditanamkan kepada generasi penerus atau generasi muda untuk turut serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang akan mendukung kehidupan masyarakat pada masa mendatang
Kupang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur menghijaukan kawasan wisata Golo Mori dengan menanam 1.000 anakan tanaman mangrove guna melestarikan kawasan wisata di ujung barat pulau Flores itu.

"Penanaman tanaman anakan mangrove ini dilakukan selain untuk menjaga pelestarian kawasan wisata Golo Mori juga dilakukan dalam rangka perayaan HUT Sumpah Pemuda ke-95," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur Fatinci Reynilda dalam keterangan yang diterima di Kupang, Senin.

Ia mengatakan sebanyak 1.000 pohon anakan mangrove di tanam Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Manggarai Barat di Dusun Lenteng Desa Golo Mori Kecamatan Komodo.

Kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi DKPP dengan Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia ( PNTI) DPD Manggarai Barat yang dihadiri 200 orang peserta dari berbagai komunitas masyarakat Desa Golo Mori seperti para pelajar SMP, SMA dan SMK serta nelayan dan ibu-ibu rumah tangga yang sangat peduli dalam menghijaukan kawasan wisata Golo Mori.

Menurut dia melali momentum Hari Sumpah Pemuda ke-95 dimanfaatkan dengan karya nyata menanam mangrove untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari sehingga para wisatawan yang datang berkunjung ke Labuan Bajo merasa betah dengan kondisi alam yang indah.

"Kami mengajak masyarakat Kabupaten Manggarai Barat harus bisa menjaga lingkungan agar lingkungan tersebut pada akhirnya akan kembali memberikan manfaatnya bagi kita semua, " kata Kepala DKPP Fatinci Reynilda.

Ia mengatakan adanya hutan mangrove juga dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang berwisata.

Menurut dia manggrove sangat penting untuk keseimbangan ekosistem laut sebagai habitat atau tempat hidup, berlindung, mencari makan, atau berkembang biak binatang laut.

Selain itu, hutan mangrove dapat berfungsi sebagai stabilisator garis pantai serta berfungsi mencegah erosi, sebagai akibat pukulan ombak dan juga berperan dalam penambahan lahan pantai.

Ia berharap dengan penanaman 1.000 anakan mangrove akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada generasi muda dan masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove tersebut.

"Kami berharap aksi ini harus terus ditanamkan kepada generasi penerus atau generasi muda untuk turut serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang akan mendukung kehidupan masyarakat pada masa mendatang," kata Kepala DKPP Fatinci Reynilda.

Baca juga: BBKSDA NTT: KEK Golo Mori Labuan Bajo salah satu habitat komodo

Baca juga: Ketua DPR sebut KEK Golo Mori bisa perkuat pariwisata Labuan Bajo

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023