Sebaiknya reservasi dilakukan jauh hari sebelumnya karena tiket elektronik ini diharapkan dapat mengatasi kelebihan kuota di pelabuhan selain untuk akuntabilitas dan transparansi
Mataram (ANTARA) - Migrasi penjualan tiket dari manual ke online di Pelabuhan Penyeberangan Kayangan Lombok Timur ke Pelabuhan Poto Tano di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat sudah mencapai 95,4 persen.

General Manager PT ASDP Pelabuhan Kayangan, Agus Djoko Trianto mengatakan sejak diberlakukan penjualan tiket elektronik sejak 11 Oktober 2023 sampai dengan saat ini penggunaannya sudah mencapai 95,4 persen di pelabuhan Kayangan.

"Di Pelabuhan Lembar sudah 91 persen. Para pengguna jasa penyeberangan akan beradaptasi dengan operasional dan proses bisnis dari migrasi tiket online ini," ujarnya pada sosialisasi tiket online di Kantor Dinas Perhubungan NTB dalam keterangan tertulis di Mataram, Senin.

ia mengakui saat awal penerapan ada beberapa kendala terkait perbedaan harga adalah karena ada biaya transaksi pembayaran online sebesar Rp2.220 sesuai tarif dari kerja sama pihak bank.

Adapun masa berlaku dua jam tiket online sejak dipesan dapat ditoleransi dengan melaporkan kendala ke call center 191.

"Sebaiknya reservasi dilakukan jauh hari sebelumnya karena tiket elektronik ini diharapkan dapat mengatasi kelebihan kuota di pelabuhan selain untuk akuntabilitas dan transparansi," katanya.

Sejauh ini, kendala tiket elektronik masih terjadi untuk pembelian di pengguna layanan kendaraan pribadi dan kendaraan roda dua.

Kepala Dinas Perhubungan, Lalu Mohammad Faozal mengatakan sosialisasi tiket daring atau online tiket di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan di NTB hampir 100 persen telah berjalan.

Sosialisasi dan kendala kendala lapangan akan terus disempurnakan agar penggunaan tiket online semakin memudahkan masyarakat.

"Pemerintah provinsi mengapresiasi capaian yang dilakukan penyeberangan dan akan memfasilitasi kendala kendala yang terjadi di lapangan," katanya.

Baca juga: ASDP resmi terapkan tiket daring di Pelabuhan Kayangan-Poto Tano

Baca juga: ASDP berlakukan tiket daring Lombok-Sumbawa mulai 11 Oktober 2023

Baca juga: ASDP siapkan Rp4 miliar untuk benahi Pelabuhan Kayangan Lombok

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023