Inflasi provinsi ini secara keseluruhan tahun 2023 pun diprakirakan tetap dalam sasaran inflasi nasional yakni 3,00 persen.....
Palangka Raya (ANTARA) -
Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah menilai, secara umum inflasi di Kalteng dari Januari hingga September 2023 relatif terkendali dengan akumulasi tahunan sebesar 1,88 persen (yoy).
 
"Inflasi provinsi ini secara keseluruhan tahun 2023 pun diprakirakan tetap dalam sasaran inflasi nasional yakni 3,00 persen, lebih kurang 1 persen (yoy)," kata Kepala BI Perwakilan Kalteng Taufik Saleh di Palangka Raya, Senin.
 
Dia membenarkan memasuki Oktober 2023, sejumlah komoditas pangan menunjukkan kenaikan harga, meskipun sebagian lainnya tetap stabil, bahkan turun harga.
   
Komoditas yang harganya mengalami kenaikan antara lain beras, cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras, gula pasir. Kenaikan harga beras disebabkan kenaikan harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani. Kenaikan harga GKP disebabkan oleh produksi yang terhambat karena dampak el nino.
 
El Nino juga memberikan dampak kenaikan harga terhadap komoditas sayuran seperti ketimun. Pada September 2023, Kalteng mencatatkan inflasi gabungan sebesar 0,11 persen (mtm), meningkat dibanding Agustus 2023 yang deflasi 0,20 persen (mtm).
 
Komoditas beras menjadi penyumbang inflasi utama sejalan dengan kenaikan harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani. Kenaikan harga GKP disebabkan oleh produksi yang terhambat karena dampak el nino.
 
"Komoditas sayuran seperti ketimun dan kacang panjang juga mengalami kenaikan harga akibat El Nino ini. Tetapi, terdapat komoditas yang mengalami penurunan harga, seperti bawang merah," beber Taufik Saleh.
 
Berdasarkan survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang dilakukan Bank Indonesia, beberapa komoditas yang menunjukkan peningkatan harga saat ini yakni beras, aneka cabai, serta gula pasir. Kelompok yang diprakirakan mengalami inflasi menjelang akhir tahun adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau seiring mayoritas komoditas pangan telah kembali memasuki masa tanam pada daerah produsen.
 
Selain itu, bensin dan angkutan udara diprakirakan menjadi komoditas penyumbang inflasi kelompok transportasi, searah tren kenaikan harga bahan bakar minyak dan avtur. Inflasi turut dipengaruhi oleh peningkatan permintaan sebagai dampak peningkatan mobilitas menjelang HBKN Nataru dan libur akhir tahun.

Baca juga: Penjabat Sekda sebut Inflasi di Provinsi Banten terkendali
 
Momentum akhir tahun, terutama terkait Nataru biasanya diikuti peningkatan permintaan atas komoditas makanan jadi, seperti kue kering dan aneka makanan serta barang pengisi bingkisan (hampers).
 
"Jadi memang perlu diantisipasi, agar pasokan tepung terigu, gula pasir, minyak goreng tetap terjaga. Dengan begitu, tidak terjadi kenaikan harga yang berlebihan," demikian Taufik Saleh.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Jaya W Manurung
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023