Beijing (ANTARA) - Pihak berwenang Beijing mengeluarkan peringatan oranye untuk polusi udara berat yang mulai berlaku pada Senin siang, lapor Xinhua.

Peringatan oranye, yang merupakan peringatan tertinggi kedua dalam sistem peringatan Beijing, dikeluarkan ketika kota tersebut mengalami polusi udara parah selama dua atau tiga hari secara berturut-turut.

Serentetan tindakan tanggap darurat akan diterapkan mulai Selasa (31/10) hingga Kamis (2/11), termasuk pembatasan lalu lintas wajib pada kendaraan berpolusi berat.

Biro Ekologi dan Lingkungan Kota Beijing telah menyarankan anak-anak, orang tua, dan mereka yang menderita gangguan pernapasan, kardiovaskular, atau kondisi kesehatan kronis lainnya untuk tetap berada di dalam ruangan, serta orang-orang lainnya untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Kondisi cuaca yang tidak mendukung dituding sebagai penyebab kabut asap yang menyelimuti Beijing dan daerah-daerah sekitarnya, ungkap biro tersebut.

Kondisi polusi udara di Beijing saat ini diperkirakan akan berakhir pada Jumat (3/11) mendatang, menurut prakiraan cuaca. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023