Target kami paling lambat awal April 2024 sudah bisa beroperasi.
Madina (ANTARA) - Bandara Mandailing Natal di Desa Sidojadi, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, ditargetkan beroperasi pada April 2024 dan bisa didarati pesawat tipe ATR 72.

"Target kami paling lambat awal April 2024 sudah bisa beroperasi," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Bandara Mandailing Natal Kantor UPBU Aek Godang, Agus Indrawan di Mandailing Natal, Selasa.

Bandara Mandailing Natal memiliki panjang run way 1.450 x 30 meter. Landasan pacunya menggunakan aspal Concrete AC -WC, sedangkan taxiway (landasan penghubung) memiliki panjang 75 meter dan lebar 15 meter.

Baca juga: Bandara Husein masih layani penerbangan ke Yogyakarta dan Surabaya

Fasilitas pelataran parkir pesawat (Apron) memiliki panjang 105 meter x 65 meter sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar yaitu ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang.

ATR 72 sendiri adalah pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop. Pesawat ini memiliki kapasitas hingga 72 penumpang dalam konfigurasi kelas tunggal dan dioperasikan oleh dua kru penerbang.

Agus Indrawan menyampaikan, jika saat ini ada dua progres pembangunan fisik yang sedang berlangsung, yakni pembangunan fasilitas sisi udara dan fasilitas sisi darat.

Untuk pembangunan fisik yakni pembangunan fasilitas sisi udara yang capaian progresnya sudah mencapai angka 84 persen.

Pembangunan sisi udara yang meliputi konstruksi, runway, taxiway, apron, jalan akses, box culvert dan sejumlah pendukung lainnya itu sendiri dikerjakan oleh PT Modren Bahana KSO.

Baca juga: Penumpang antusias terbang di BIJB Kertajati setelah beroperasi penuh

Sementara itu progres pembangunan fasilitas sisi darat yang meliputi gedung terminal dan gedung penunjang lainnya masih 65 persen.

Meskipun sedikit terlambat, pembangunan sisi darat yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero),Tbk itu, Agus menyebut penyedia tetap diminta untuk  menyelesaikan pembangunannya sesuai dengan target paling lambat akhir Desember 2023.

"Pembangunan fasilitas sisi darat ini memang terkendala oleh cuaca, apalagi akhir-akhir ini Mandailing Natal dilanda musim hujan. Namun, meskipun begitu kami tetap optimis selesai sesuai dengan target," ujarnya.

Agus mengatakan, Bandara Mandailing Natal memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan pada tahun-tahun mendatang jika demand penumpang mendukung, sehingga tidak menutup kemungkinan bisa didarati oleh pesawat sekelas Boeing 737 series.

Hal ini diperkuat dengan masih luasnya lahan untuk perpanjangan runway yang belum dipergunakan saat ini yang panjangnya diperkirakan bisa mencapai 2.000 meter.

"Kalau memang di Madina demandnya ada dan banyak, membutuhkan armada dan sarana yang lebih besar dari pesawat ATR72 mungkin bisa berkembang menjadi Boeing 737 series. Kita lihat ke depan tergantung demandnya," katanya.

Pewarta: Juraidi dan Holik
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023