Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani melantik tiga anggota Pergantian Antar-Waktu (PAW) DPR RI dan MPR RI sisa masa jabatan 2019-2024 dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-8 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024, di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Senayan Jakarta, Selasa.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah yang akan Saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Sumpah ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran, saya harap Saudara ikuti lafal sumpah yang akan saya pandu," kata Puan saat memandu pembacaan sumpah.

Pertama, Dadang S. Muchtar dari Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VII itu dilantik sebagai anggota PAW DPR RI untuk menggantikan Dedi Mulyadi.

Kemudian, Andi Najmi Fuadi dari Fraksi PKB Dapil Jawa Tengah IX dilantik sebagai anggota PAW DPR RI untuk menggantikan menggantikan Bachruddin Nasori.

Baca juga: Ketua DPR lantik seorang anggota dewan PAW dalam Rapat Paripurna

Baca juga: DPR lantik PAW pengganti Zulkifli Hasan dan Jhoni Allen


Lalu, Handayani dari Fraksi PKB Dapil Jambi dilantik sebagai anggota PAW DPR RI untuk menggantikan Sofyan Ali.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 91/P Tahun 2023 Tanggal 5 Oktober 2023 tentang Peresmian Pergantian Antar-Waktu (PAW) Anggota DPR dan Anggota MPR Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

Usai pembacaan sumpah, pimpinan DPR RI lantas melangsungkan sesi foto bersama dengan anggota DPR RI yang baru saja dilantik.

Selain Puan, tampak hadir mendampingi pula para Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Lodewijk F. Paulus, dan Sufmi Dasco Ahmad.

Berdasarkan laporan dari Sekretariat Jenderal DPR RI, rapat paripurna tersebut dihadiri oleh 154 anggota dewan secara fisik dan 140 anggota dewan lainnya menyatakan izin.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023