Jakarta (ANTARA) - Laksamana Madya (Laksdya) TNI Erwin S. Aldedharma resmi menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) menggantikan Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono yang purnabakti pada 1 November 2023.

Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) itu di Markas Besar TNI AL (Mabesal) Cilangkap, Jakarta, Selasa.

"Pelaksanaan serah terima jabatan adalah kegiatan yang rutin. Namun, ini juga hasil dari penilaian pimpinan TNI, jadi bukan hanya pimpinan TNI Angkatan Laut, tetapi juga pimpinan TNI menilai dan dibawa oleh beliau ke hadapan Bapak Presiden dan Bapak Presiden menyetujui jabatan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut berikutnya dijabat Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma," kata Laksamana Ali selepas upacara.

Erwin Slamet Aldedharma ditetapkan sebagai Wakil Kepala Staf TNI AL sebagaimana keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1223/X/2023 yang diteken oleh Laksamana TNI Yudo Margono pada 26 Oktober 2023.

Erwin, yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut Tahun 1991, sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Beberapa jabatan strategis yang pernah dia emban, di antaranya Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II pada 2018–2019, kemudian Wakil Asisten Perencanaan (Waasrena) Kasal pada 2019–2021, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) pada 2021–2022, Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI, dan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I pada 2023.

Dalam waktu setahun, Erwin setidaknya tiga kali berganti jabatan mulai dari dia menjadi Pangkoarmada I, Pangkogabwilhan I, dan terakhir Wakil Kepala Staf TNI AL. Dalam periode tahun yang sama, dia juga menambah satu bintang di pundak-nya dari perwira tinggi bintang dua menjadi bintang tiga.

Kepala Staf TNI AL menilai Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma memiliki pengalaman penugasan dan pendidikan yang lengkap sehingga dia layak dipromosikan menjadi Wakil Kepala Staf TNI AL.

"Penunjukan ini dilihat berdasarkan dari beberapa background, background pendidikan, penugasan, tour of duty, tour of area, dan Bapak Erwin ini sudah cukup lengkap dan kita tahu, (dia) pernah menjadi Panglima Armada kemudian Pangkogabwilhan, jadi sudah bersinergi dengan angkatan lainnya, dan saya rasa sudah pantas, dan dinilai pantas oleh Panglima TNI dan Bapak Presiden," tutur Laksamana Ali.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023