Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan dompet digital DANA mencatat layanan produk investasi dan asuransi mikro mengalami lonjakan hingga 769 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

“Kami melihat adanya tren pembelian produk investasi melalui platform digital, seperti emas digital, dan produk asuransi mikro, seperti proteksi layar gawai. Peningkatan ini menunjukkan bahwa ternyata para pengguna memiliki kebutuhan terhadap produk investasi dan asuransi mikro,” kata Head of Investment and Insurance DANA Ivan Kusuma di Jakarta, Selasa.

Peningkatan pada produk investasi tersebut termasuk pembelian emas digital pada fitur eMAS. Sementara transaksi pada asuransi mikro yang kerap diakses oleh pengguna DANA di antaranya proteksi layar gawai atau crack screen protection, proteksi kuliner atau safe dining plan, dan asuransi pembayaran tagihan.

Secara keseluruhan, transaksi di dompet digital DANA meningkat sebesar 144 persen pada kuartal III-2023, dengan kenaikan transaksi nontunai melalui QRIS mencapai 247 persen.

Ivan optimistis peningkatan tersebut mengindikasikan pembayaran nontunai telah makin inklusif dan efisien, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Di samping itu, transaksi kirim uang mengalami peningkatan sebesar 232 persen dan fitur pembayaran tagihan naik 103 persen.

Menurut Ivan, fitur kirim uang, disbursement, pulsa dan data, e-commerce, serta pembayaran QRIS menjadi lima fitur yang paling banyak digunakan pengguna DANA hingga kuartal III-2023.

Pertumbuhan tersebut menjadi acuan perusahaan untuk mengembangkan solusi pembayaran digital ke depannya.

“Kami berharap, kemudahan dalam memiliki produk investasi, asuransi perlindungan, serta produk layanan keuangan lainnya akan senantiasa dirasakan oleh para pengguna DANA,” tambah Ivan.

Selain peningkatan layanan, DANA juga menyediakan layanan edukasi kepada para pengguna melalui berbagai kanal, termasuk media sosial. Langkah itu diharapkan dapat mengakselerasi tingkat literasi keuangan di kalangan masyarakat Indonesia.

Baca juga: DANA sediakan fitur Apple Zone untuk pengguna iPhone
Baca juga: Riset Visa: Dompet digital menjadi metode pembayaran favorit gen Z
Baca juga: Astrapay genjot UMKM di Bali menggunakan pembayaran digital

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023