Jakarta (ANTARA) - Aktris Zulfa Maharani sempat merasa kesulitan saat berakting di proyek film terbarunya “Srimulat: Hidup Memang Komedi” karena harus menahan tawa sekaligus mengatasi tantangan lainnya di film garapan sutradara Fajar Nugros ini.

Challenge-nya justru kita harus tahan ketawa di set syuting (film ‘Srimulat: Hidup Memang Komedi’),” kata Zulfa saat ditemui dalam acara peluncuran teaser dan poster film “Srimulat: Hidup Memang Komedi” di Plaza Senayan, Selasa.

Menurutnya, para pemain di film ini memiliki karakter asli yang lucu. Kelucuan tersebut semakin bertambah saat semua pemain melakukan dialog khas dari Srimulat, sehingga Zulfa sempat merasa kesulitan saat harus menahan tawa.

Baca juga: Erick Estrada akui stres perankan karakter Tessy Srimulat

Bahkan, beberapa kali Zulfa dan pemain lainnya harus mengambil ulang adegan syuting yang dilakukan karena sulitnya menahan tawa. Untuk itu, Zulfa dan pemain lain berusaha untuk menahan tawa dan menjaga emosi tetap stabil agar hasilnya sesuai dengan harapan.

“Kita nggak boleh ada yang emosinya turun. Pokoknya, memang harus stable sampai semuanya selesai (adegan),” kata perempuan kelahiran 10 Desember 1999 ini.

Beruntung, rekan-rekan pemain lainnya selalu kompak selama proses syuting berlangsung. Zulfa pun bersyukur karena hingga proses produksi berjalan lancar hingga selesai.

“Kadang, kita saling nahan ketawa, itu nahan ketawanya susah,” kata Zulfa.

Selain harus menahan tawa, Zulfa harus menghadapi tantangan lainnya saat proses syuting “Srimulat: Hidup Memang Komedi”. Sebagai orang yang bukan berasal dari suku Jawa, Zulfa harus menggali lebih banyak karakter Nunung yang notabene berasal dari suku Jawa.

Baca juga: Bio One jadi Gepeng di film "Srimulat: Hil yang Mustahal"

Oleh sebab itu, Zulfa memanfaatkan waktu workshop, reading serta arahan dari sutradara Fajar Nugros dan pelatih akting untuk mendalami karakternya tersebut. Zulfa juga mempelajari bagaimana gestur dan gaya berbicara Nunung saat tampil sebagai anggota Srimulat dengan bertemu dengannya secara langsung.

“Aku merasa beban berat itu kayak dibantuin sama teman-teman yang lain. Kita saling mendukung,” kata Zulfa.

Ia melanjutkan, “Kita ada sesi ketemu (dengan anggota Srimulat asli). Aku observe dari suara, gerak-gerik,” katanya.

Zulfa juga rajin bertanya pada Nunung saat sesi pertemuan ini dengan menganalisa dirinya di tahun ‘80-an atau masa ketika Nunung masih aktif di Srimulat. Ia pun berharap melalui film ini, generasi muda dapat lebih mengenal Srimulat karena legenda lelucon dari mereka masih bertahan hingga saat ini.

“Aku adalah perwakilan mungkin generasiku yang kurang familiar (dengan Srimulat), tapi kita tau jokes-jokes-nya. Jokes-jokes-nya tuh masih ada sampai ke generasi aku,” kata Zulfa.

Baca juga: Paul Srimulat jadi karakter menantang bagi Morgan Oey

Baca juga: Kesulitan yang dialami sutradara hingga pemain "Srimulat" saat syuting

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023