Beijing (ANTARA) - Sebagian besar perusahaan yang didanai asing dan beroperasi di China merasa puas dengan lingkungan bisnis menguntungkan di negari Tirai Bambu tersebut, demikian sebuah survei terbaru mengungkapkan.

Dilakukan oleh Dewan China untuk Promosi Perdagangan Internasional (China Council for the Promotion of International Trade/CCPIT) pada kuartal ketiga (Q3) tahun ini, survei tersebut menunjukkan bahwa lingkungan bisnis yang berkaitan dengan pembayaran pajak, akses pasar, dan penyelesaian perselisihan di China dipuji secara luas oleh perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di China.

Hampir 90 persen dari 700 perusahaan yang didanai asing yang disurvei menunjukkan bahwa mereka merasa puas dengan lingkungan bisnis yang disebutkan di atas, ungkap Zhang Xin, juru bicara (jubir) CCPIT dalam sebuah konferensi pers yang digelar pada Selasa (31/10).

Perusahaan-perusahaan asing optimistis dengan perkembangan mereka di China, dengan lebih dari 80 persen responden memperkirakan laba pada investasi mereka pada 2023 akan tetap sama seperti tahun sebelumnya atau bahkan meningkat, kata jubir itu.

Zhang mengatakan bahwa CCPIT akan terus memainkan perannya dalam memfasilitasi lingkungan bisnis yang lebih berorientasi pada pasar, berbasis hukum, dan bersifat internasional di China, sehingga para investor asing dapat menikmati peluang pengembangan di negara tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023