Jakarta (ANTARA) – Kebutuhan Warga Negara Indonesia yang beraktivitas di luar negeri semakin meningkat, tak ayal kebutuhan dana yang berasal dari kerabat serta keluarga di Indonesia semakin meningkat. Untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menghadirkan fitur transfer uang secara internasional dalam Financial Super Apps BRImo.
 
Pada fitur tersebut pengiriman dana yang dilakukan bersumber dari tabungan Rupiah akan langsung dikonversi menjadi mata uang asing (remittance) sesuai kebutuhan penerima di luar negeri dengan nilai tukar yang lebih murah. Fitur ini tentunya akan sangat mempermudah karena tidak perlu menyita waktu datang ke tempat penukaran dan pengiriman uang ke luar negeri.

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, proses pengiriman uang dari dalam ke luar negeri saat ini menjadi kebutuhan semua kalangan khususnya pelajar. Pelajar Indonesia yang bersekolah di luar negeri membutuhkan ketersediaan dana yang notabene diperoleh dari kiriman orang tua.

Customer experience merupakan prioritas BRI dalam setiap layanan. BRI juga senantiasa memperhatikan kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang tentunya semakin beragam. Fitur ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat baik yang di dalam maupun luar negeri,” jelasnya.

Digital Transformation mendorong perbankan untuk menghadirkan transaksi yang lengkap hanya menggunakan smartphone. Dengan adanya fitur transfer internasional di BRImo diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah yang memerlukan layanan transifer dana ke luar negeri yang mudah, cepat, dan dapat dimonitor.

Mata uang utama di dunia sudah dapat dikirimkan melalui BRImo di antaranya USD (Dolar AS), CNY (Yuan), SGD (Dolar Singapura), JPY (Yen), THB (Baht), HKD (Dolar Hong Kong), AUD (Dolar Australia), EUR (Euro), GBP (Pound Sterling), serta beragam mata uang tujuan lainnya.

Adapun tahapan-tahapan atau cara transfer uang ke luar negeri melalui BRImo:

- Login BRImo
- Pilih fitur “Transfer Internasional”
- Pilih Negara Tujuan, masukkan Jumlah Dana, dan pilih Metode Pengiriman
- Isi data lengkap penerima, pengirim, serta detil pengiriman
- Checklist syarat & ketentuan
- Konfirmasi transaksi lalu masukkan PIN
- Nasabah juga dapat melihat status pengiriman melalui menu “Lacak”

BRImo adalah Super App milik BRI yang dapat digunakan seluruh lapisan masyarakat. Super Apps tersebut membuat nasabah dapat bertransaksi serasa bank di genggaman dan saat ini terus dilengkapi fitur yang memudahkan agar dapat menjangkau hingga ke luar negeri untuk berbagai transaksi. Sejalan dengan hal tersebut, salah satu wujud apresiasi dari industri dalam ajang Editor’s Choice Award 2023 bahwa BRImo ditetapkan sebagai “Remittance Service in Mobile Apps of the Year” pada 12 Oktober 2023 yang lalu.

Sebagai info juga bahwa sampai dengan September 2023 aplikasi BRImo telah diakses lebih dari 29,8 juta pengguna dengan volume transaksi tumbuh 66,87% yoy menjadi Rp2.984 triliun dalam 9 bulan. Dari tansaksi tersebut, Fee Based Income (FBI) yang dihasilkan BRImo saja mencapai Rp1,81 triliun atau tumbuh 57,6% yoy.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023