Jakarta (ANTARA) - PT Era Digital Media Tbk (kode saham: AWAN) membukukan pendapatan sebesar Rp23,2 miliar pada kuartal III-2023.

Direktur Utama AWAN Shaanee P Harjani mengatakan bahwa angka tersebut menandai pertumbuhan pendapatan sebesar 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat Rp21,6 miliar.

"Pendapatan dari penyimpanan dan pengolahan data atau cloud melonjak sebesar 120 persen menjadi Rp9,1 miliar yang tahun lalu sebesar Rp 4,1 miliar. Kontributor pendapatan lainnya adalah konten SMS premium sebanyak Rp12,1 miliar serta pendapatan lainnya berjumlah Rp1,9 miliar," kata Shaanee dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Kinerja positif perusahaan diikuti dengan pencapaian laba sebesar Rp103,0 juta.

Sejalan dengan kenaikan pendapatan, Shaanee menilai beban pokok pendapatan meningkat 40 persen dari Rp6,8 miliar menjadi Rp9,5 miliar, terutama disebabkan adanya peningkatan pada penyimpanan dan pengolahan data atau cloud sebesar Rp5,6 miliar dari Rp4,1 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Dengan beban usaha sebesar Rp13,2 miliar dan penghasilan lain-lain neto sebesar Rp399,9 juta, AWAN membukukan laba komprehensif tahun berjalan sebesar Rp103,0 juta pada akhir September 2023.

“AWAN selalu berupaya dalam mengoptimalkan pelayanan dan meningkatkan efisiensi serta memenuhi kebutuhan user dengan terus mengembangkan layanan cloud solution," ujar Shaanee.

Shaanee menyampaikan bahwa perusahaan diarahkan untuk terus membantu para pelanggan menjadi lebih tangkas dalam bisnis Teknologi Informasinya (IT), dan AWAN memperoleh kredibilitas sebagai penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia.

Lebih lanjut, AWAN mencatatkan kenaikan total aset sebesar 291 persen dari Rp24,6 miliar pada 31 Desember 2022 menjadi Rp96,2 miliar pada 30 September 2023.

Kenaikan yang signifikan terdapat pada total aset lancar sebesar 362 persen menjadi Rp72,0 miliar yang terutama disebabkan adanya peningkatan kas dan bank menjadi Rp43,2 miliar.

“Melihat prospek bisnis komputasi AWAN di Indonesia masih sangat bagus, kami optimis bahwa AWAN akan mencatatkan laba yang lebih baik lagi pada kuartal selanjutnya, didukung dengan adanya rencana peluncuran beberapa produk baru dari AWAN dan anak usaha,” pungkasnya.

Baca juga: Era Digital Media resmi melantai di BEI, saham dibuka tembus ARA
Baca juga: IMPC catat laba naik 65,3 persen jadi Rp341 miliar di kuartal III
Baca juga: BEI ingin anak muda ikut nikmati pertumbuhan pasar modal

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023