Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono berharap pengganti dirinya dapat menjaga TNI yang terdiri atas matra darat, laut, dan udara tetap solid dan profesional.

Yudo meyakini harapan itu bukan hanya dari dirinya, tetapi menjadi asa seluruh pihak.

“Tentunya ya harapan kami selaku Panglima TNI yang sebentar lagi pensiun dan sudah ada penggantinya di belakang saya. Jadi, saya mengharapkan TNI tetap solid, TNI yang profesional, modern, tangguh sehingga dalam menghadapi setiap ancaman apapun TNI akan siap,” kata Panglima TNI merujuk ke Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto saat keduanya ditemui di Cibitung, Jawa Barat, Rabu.

Dia kembali menekankan Panglima TNI yang menggantikan dirinya perlu mewujudkan harapan itu.

“Saya yakin ini bukan harapan saya (saja), tetapi harapan semua. TNI pasti sama ya harus TNI yang profesional, modern, tangguh, dan solid, khususnya TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, karena di dalam satu wadah organisasi operasi gabungan TNI,” kata Laksamana Yudo.

Laksamana TNI Yudo Margono resmi menjabat sebagai Panglima pada Desember 2022 dan dia pensiun pada akhir 1 Desember 2023 atau beberapa hari setelah dia tepat berusia 58 tahun. Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI) mengatur perwira TNI pensiun pada usia 58 tahun, sementara bintara dan tamtama pada usia 53 tahun.

Sementara itu, Agus Subiyanto, yang resmi menjabat sebagai Kasad pada Jumat (27/10), menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman, diusulkan oleh Presiden Joko Widodo ke DPR RI sebagai calon tunggal Panglima TNI, Senin (30/10).

Tahapan berikutnya setelah DPR RI menerima surpres itu, Komisi I DPR RI menggelar rapat internal, di antaranya untuk menentukan jadwal uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden.

Dalam rangkaian uji kepatutan dan kelayakan itu, ada pula verifikasi dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan dan verifikasi aktual, yaitu peninjauan langsung ke rumah atau kediaman calon Panglima TNI.

Terkait proses itu, Jenderal Agus mengaku siap menjalani rangkaian tahapannya. "Insyaallah, insyaallah," kata Agus.

Walaupun demikian, Agus menegaskan bahwa saat ini dirinya masih fokus menjalankan tugas sebagai Kasad sembari mengikuti rangkaian tahapan pencalonan sebagai Panglima TNI.

"Nantilah, kan belum jelas. Yang jelas, sekarang saya masih konsentrasi menjadi Kasad, (pimpinan TNI) matra darat," kata Agus Subiyanto saat ditemui wartawan di sela acara Peluncuran Gerakan Nasional Ketahanan Pangan di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Baca juga: Komisi I DPR: Uji kelayakan calon Panglima TNI pada 14 November

Baca juga: Agus Subiyanto tegaskan dirinya masih fokus jalankan tugas Kasad

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023