... dilengkapi patung anak-anak Amerika dan Indonesia duduk sambil membaca buku... "
Denpasar (ANTARA News) - Indonesia, melalui seniman di Kabupaten Badung, Bali, akan membangun patung beton Dewi Saraswati (dewi ilmu pengetahuan) di Washington DC, Amerika Serikat. 

"Pembangunan patung Dewi Saraswati itu merupakan bagian dari kerja sama di bidang kebudayaan antara pemerintah kita dengan pemerintah Amerika Serikat," kata Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung, di Denpasar, Minggu.

Kemudian atas persetujuan Presiden Susilo Yudhoyono, KBRI di Washington DC mengeluarkan surat kepada bupati Badung merealisasikan pembangunan patung Dewi Saraswati yang melambangkan dewi ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan bersifat universal.

Tim pematung berprestasi di bawah koordinasi I Nyoman Sudarwa dari Sanggar Seni Rupa Beton, sedangkan perancangnya dipercayakan kepada tim kreatif Studio Jepun DKP Badung. Mereka akan berdialog dengan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Djalal.

"Patung itu nanti dilengkapi ornamen khas Bali. Selain itu akan dilengkapi patung anak-anak Amerika dan Indonesia duduk sambil membaca buku," kata Gde Agung.

Konsep pembangunan patung itu telah dia paparkan kepada Yudhoyono di ruang VVIP Bandar Udara Ngurah Rai, Kuta, pada Maret lalu. "Patung setinggi 5,2 meter itu nanti akan dibangun di halaman depan KBRI di Washington yang kebetulan berada di jantung kota Washington DC," katanya.

(M038/I007)

Pewarta: M Irfan Ilmie
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013