Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD PDIP Said Abdullah mengungkapkan pasangan bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden Mahfud MD menggelar selawat dan doa bersama untuk keselamatan bangsa di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Jumat (3/11). 

“Kita akan berserah diri pada Allah SWT sebagai Sang Maha Kuasa, kita melantunkan selawat dan doa agar negeri kita diberkahi hujan, kekeringan yang melanda sawah sawah petani, dan hawa panas segera berlalu," ujar Said dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan Ganjar, Mahfud, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan melebur bersama dengan para kiai dan santri untuk memohon agar bangsa dan negara diberikan keselamatan, pemilu jujur, adil, mendapatkan pemimpin yang amanah, dan mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk kemajuan bangsa.

"Mbak Puan juga akan memberikan sambutan, mengingatkan kita semua pentingnya menguatkan soliditas barisan, terutama kaum santri dan nasionalis," katanya.

Baca juga: Puan bertemu Ganjar bahas hasil pertemuan makan siang dengan Jokowi
Baca juga: Koster sebut anggota PDIP tak ada yang bahas soal penurunan baliho


Menurutnya, selawat ini akan dihadiri langsung 1.000 anggota Ishari, yakni generasi muda pecinta selawat dari Gresik dan sekitarnya. Selawatan akan dipimpin Gus Azmi, Gus Hafidz, dan kelompok Syubbanul Muslimin, serta melantunkan lalaran Alfiyah Ibnu Malik.

“Mas Ganjar dan Pak Mahfud akan menyampaikan orasi kebangsaan di acara ini," ucap Said.

Selain itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memberikan sambutan secara virtual pada acara ini. Kendati demikian, Said belum bisa memastikan kehadiran Megawati secara langsung di acara tersebut.

"Karena situasi politik nasional sangat dinamis, beliau mewakilkan Mbak Puan Maharani, putri kandung dan putri ideologisnya untuk hadir secara langsung, sekaligus menguatkan rajutan silaturahim dengan para kiai di Jawa Timur," jelas dia.

Said menegaskan Jawa Timur merupakan rumah kebangsaan kaum nasionalis dan santri. Atas alasan itu pula duet Ganjar-Mahfud dihadirkan sebagai wajah dari rumah kebangsaan itu.

Acara ini akan dihadiri Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, serta di dampingi jajaran Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, seperti Puan Maharani selaku Pengarah TPN Ganjar-Mahfud, Arsyad Rasyid Ketua TPN Ganjar Mahfud, serta jajaran partai partai pendukung, seperti Said Abdullah, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, serta para pengurus PPP, Perindo, dan Hanura.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023